Berita

Begini Cara Bupati Sinjai Menggugah Kesadaran Warga Menjaga Kebersihan Lingkungan

SINJAI, BKM — Ikatan Wartawan Online (IWO) bersama Bupati-Wakil Bupati serta Forkopimda Kabupaten Sinjai berbaur dengan warga membersihkan kanal, Jumat (9/11/2018).

Kegiatan yang digagas IWO Kabupaten Sinjai itu berlangsung di kanal kelurahan Bongki tepatnya di Jl Bhayangkara Kecamatan Sinjai Utara.

Sebelum melakukan kegiatan, Ketua IWO Kabupaten Sinjai, H Syahidin yang juga Jurnalis beritakotamakassar.com, di hadapan Bupati-Wakil, Forkopimda serta OPD, mengatakan, Gerakan Kanal Bersih Menuju Sinjai Sehat dan Bebas banjir’ ini adalah rangka menyambut hari Pahlawan.

Menurutnya, aksi bersih kanal ini semata-mata karna banyaknya temuan sampah di darat dan sepanjang kanal di wilayah tersebut.

“Menyambut hari pahlawan, IWO Sinjai kerjasama Pemkab melakukan kegiatan bersih lingkungan. Hal ini kami lakukan guna antisipasi banjir, terlebih sudah memasuki musim penghujan,”jelasnya.

Menurut Syahidin, gerakan kanal bersih ini sebagai edukasi kepada kepada warga. Tujuannya, agar warga juga peduli bahwa kanal harus bersih dari sampah dan mengalir normal.

“Sungai itu harus bersih, tidak kotor. Apalagi sekarang musim hujan, nanti bisa mengakibatkan banjir kalau banyak sampah,” ujarnya.

Sementara Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa, pasca terjun langsung membersihkan sampah dan tumbuhan liar di kanal yang lokasinya tepat di depan Kantor KPU Sinjai, kepada awak media sangat mengapresiasi kegiatan yang di gagas IWO Sinjai.

“Selaku Pemerintah Kabupaten Sinjai, saya sangat mengapresiasi kegiatan teman-teman IWO, karna menuju kabupaten Sinjai sehat dan bersih adalah visi misi saya,” ungkapnya.

Lanjut, Bupati muda dan enerjik itu menuturkan, jika IWO telah membangunkan pemerintah dan masyarakat Sinjai dari ‘Tidur panjangnya’ terkait permasalahan sampah dan lingkungan.

“Giat teman-teman IWO ini sudah membangunkan pemerintah dan masyarakat untuk mencintai lingkungan dengan cara tidak membuang sampah di sembarang tempat. Kami di pemerintahan akan terus berupaya mengajak warga lebih peduli terhadap lingkungan. Pentingnya menjaga lingkungan supaya tetap bersih merupakan budaya yang perlu dipertahankan. Termasuk akan menjadi salah satu poin penilaian Adipura,” pungkasnya.

Sementara Usman, warga yang bermukim yang tak jauh dari kanal tersebut, mengapresiasi aksi Bupati Sinjai yang terjun langsung mengeruk sampah di kanal.

“Kami sangat bangga dengan aksi Bupati kami, karena di tengah-tengah kesibukannya sebagai kepala daerah,  tetap meluangkan waktu untuk terjun langsung ke Kanal dan menyapa warga.
Beliau memberi contoh yang sangat baik, dan megayomi masyarakat secara langsung dengan berbaur bersama. Salah satunya dengan membersihkan kanal,” ujar Usman. (DHIDINK)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top