Sulselbar

900 Nelayan Bulukumba Terima Bantuan Paket Konversi BBM ke BBG

Penyerahan bantuan paket konversi BBM ke BBG kepada nelayan Bulukumba yang dilakukan di kantor Bappeda Bulukumba.

BULUKUMBA, BKM – Sebanyak 900 nelayan di tujuh kecamatan di Kabupaten Bulukumba menerima bantuan paket konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG).

Pemberian bantuan paket konversi BBM ke BBG untuk kapal perikanan bagi nelayan kecil ini merupakan program Kementerian ESDM dan Komisi VII DPR RI.

Bantuan tersebut diserahkan langsung anggota DPR RI dari Fraksi PAN, Yuliani Paris kepada para nelayan di aula kantor Bappeda Bulukumba, Jumat (9/11/2018).

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Minyak dan Gas Kementerian ESDM, Ireni Yulia Ningsih yang turut hadir mengatakan bantuan paket konversi BBM ke BBG bagi nelayan ini merupakan program dari Kementerian ESDM. Program ini bekerjasama dengan Komisi VII DPR RI yang didukung pula oleh Pemerintah Kabupaten Bulukumba dan PT Pertamina.

“Nelayan penerima bantuan paket ini adalah nelayan yang telah memenuhi kriteria seperti memiliki kartu nelayan yang terdaftar di Kementerian Kelautan dan Perikanan. Sesuai kriteria itu, warga yang tinggal dibantaran sungai itu telah terdata dan mendapatkan bantuan,” katanya.

Menurutnya,  itu sesuai dengan kriteria yang ditentukan sehingga bisa mendapatkan bantuan.

Dimana, lanjutnya,  mereka yang berhak menerim bantuan adalah nelayan yang memiliki kapal dengan kapasitas dibawah 5 GT. Terlebih lagi, nelayan di desa itu menggunakan alat tangkap ramah lingkungan.

“Jadi program paket konversi BBM ke BBG bertujuan untuk membantu masyarakat yang bekerja sebagai nelayan kecil diwilayahnya. Bantuan ini diharapkan bisa bermanfaat dan memudahkan nelayan ini,” katanya.

Dia menyebutkan, beberapa paket konversi yang diserahkan adalah berupa mesin kapal, converter kit, tabung LPG, As Panjang, dan baling-baling kapal. Menurutnya, kapal nelayan yang menggunakan BBG ini lebih hemat dari BBM. Seban, satu BBG dapat menghemat 7 liter BBM.

“Kepada para nelayan penerima bantuan, kami harap agar paket bantuan dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya sehingga dapat menunjang aktivitas sehari-hari nelayan dalam meningkatkan perekonomian keluarga,” katanya Yuliani Paris dan Bupati Bulukumba, A Sukri AM Sappewali.

Bupati Bulukumba A Sukri AM Sappewali berterimakasih kepada anggota Komisi VII DPR RI , Yuliani Paris dan Kementerian ESDM dengan segala bantuannya.

Menurutnya, dengan adanya bantuan paket konverter kit pada program konversi BBM ke BBG untuk nelayan kecil di Kabupaten Bulukumba tentu akan sangat membantu nelayan kecil.

“Kami harapkan bantuan itu mampu meningkatkan produktifitas para nelayan di Tanbu yang saat ini memang perlu mendapat perhatian, terutama terhadap dukungan sarana dan prasarana yang memadai guna membantu kesejahteraan para nelayan,” ucapnya.

Bantuan itu diharapakannya bisa dimanfaatkan dengan benar sehingga penghasilan juga bisa lebih meningkat lagi. (amin)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top