Gojentakmapan

BPBD Gowa Ingatkan Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem

Ikhsan Parawansyah

GOWA, BKM — Diestimasi curah hujan kali ini cenderung tinggi dan diindikasi seiring angin kencang. Karena itu masyarakat khususnya di Kabupaten Gowa yang rawan longsor diingatkan agar selalu waspada terhadap potensi hujan lebat disertai angin kencang.

Hal itu ditegaskan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa Ikhsan Parawansyah kepada media di kantornya, Kamis (8/11/2018) siang.

Dikatakan Ikhsan, hujan lebat disertai angin kencang tentu bisa membuat musibah khususnya longsor dan banjir maupun pohon tumbang.

“Makanya kami mengimbau masyarakat agar tetap waspada akan cuaca ekstrem yang dapat terjadi kapan saja,” kata Ikhsan.

Dikatakannya juga sesuai informasi yang diperoleh dari instansi terkait soal prakiraan cuaca pada November ini menyebutkan jika hujan lebat di Gowa ini berpotensi membuat banjir dan tanah longsor.

“Jadi kita minta masyarakat tetap waspada. Dan sebaiknya perhatikan saluran air dan kanal jangan biarkan ada sampah, ayo ajak warga lainnya membersihkan sampah di saluran air dan kanal agar tidak menumpuk dan menyumbat saliran air. Sebab jika sampah menutupi saluran air makan potensi banjir tentu bisa terjadi,” imbau Ikhsan.

Ikhsan menyebutkan sejumlah wilayah rawan longsor berada pada daerah dataran tinggi seperti di Kecamatan Parangloe, Biringbulu, Tompobulu, Tinggimoncong, Bontolempangang, Bungaya, Tombolopao, Manuju dan Parigi.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, potensi terjadinya tanah longsor itu berada di daerah dataran tinggi, sedangkan banjir itu ada pada dataran rendah, seperti di depan Citra Garden Kecamatan Somba Opu, Desa Kanjilo di Barombong dan di Desa Panakukkang Kecamatan Pallangga,” katanya.

Untuk memberikan penanganan jika terjadi bencana banjir, angin kencang, tanah longsor dan angin puting beliung, pihaknya kata Kepala BPDB Gowa ini telah membentuk Tim Rekasi Cepat (TRC) yang selalu siap 24 jam membantu masyarakat dan membangun Posko penanganan bencana yang juga siap 24 jam turun ke lapangan.

“Untuk penanganan kami telah siapkan posko pengaduan dan pelayanan bencana di kantor kami di Jl Manggarupi, jika terjadi bencana longsor ataupun banjir masyarakat bisa langsung melapor pasti kita tindak lanjuti,” jelasnya.

Kendati begitu, Ikhsan pun mengingatkan masyarakat agar tidak mudah termakan kabar semisal bencana alam dan sebagainya yang mungkin hanya hoax saja.

“Jangan mudah percaya jika mendengar kabar tentang bencana alam. Cermati kebenarannya lalu pastikan lokasinya dan kejadiannya kemudian laporkan kepada kami agar kami bisa langsung melakukan tindakan,” jelas Ikhsan. (saribulan)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top