Sulselbar

Kedapatan Bawa Kunci Jawaban, Peserta Ujian CPNS di Sidrap tak Bisa Lagi Daftar PNS Selamanya

Suasana peserta ujian CPNS di Sidrap, usai menjalani ujian SKD, di SMPN 2 Pangsid, Selasa (06/11/2018).

SIDRAP, BKM — Saksi berat kini menanti Ernawati. Perempuan asal Bendoro Sidrap tersebut dipastikan tak bisa menjadi pegawai negeri sipil (PNS) untuk selama-lamanya.

Pasalnya, nomor induk kependudukan (NIK) Ernawati bakal diblokir.

Dengam demikian, ia sudah tak bisa lagi mendaftar sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS).

“Selama dia berada di Indonesia. Dia dipastikan sudah tak bisa jadi PNS lagi,” ujar Kepala Bidang Mutasi, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Sidrap, Faizal Sehuddin saat melakukan peninjauan ujian SKD di SMPN 1 Tellu Limpoe, Selasa, (6/11/2018).

Apa yang dilakukan Ernawati saat ujiam SKD berlangsung, kata Faizal, tak hanya mencoreng nama baiknya, tapi juga pemerintah daerah selaku panitia lokal penerimaan CPNS.

Karena itu, sebutnya, BKPPD Sidrap juga akan menyurat ke intansi terkait dan sekolah tempat Ernawati mengajar agar diberhentikan menjadi seorang tenaga guru honorer.

“Kita mendapat informasi jika yang bersangkutan itu guru honorer. Jika itu benar, kita akan surati sekolahnya agar memberhentikan dia,” tegas Faizal.

Tindakan kecurangam saat ujian penerimaan CPNS berlangsung, paparnya, tak dapat ditolerir.

“Untungnya dia tidak memenuhi passing grade usai ikut SKD. Pun seandainya dia lolos passing grade, pasti dia juga akan di blacklist,” ujar Faizal.

Ditanya perkembangan kasus Ernawati tersebut? Faizal mengatakan panitia telah menyerahkan sepenuhnya kasus itu tindaklanjuti pihak kepolisian.

“Itu sudah ranah pihak berwajib. Soal pidana tentu tidak bisa kita campuri,” kata Faizal. (ady)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top