Bisnis

Semen Indonesia Ajak Anak Makassar Bicara Baik

IST BICARA BAIK -- Travel Blogger, Marischka Prudence serta Tumming dan Abu sebagai Content Creator, ketika menyampaikan kiat-kiatnya bagaimana berbicara yang baik melalui Medsos.

MAKASSAR, BKM — Berbicara baik itu harus dilakukan dimana saja. Termasuk di media sosial (Medsos). Namun dalam beberapa waktu belakangan ini, ujaran ataupun bicara yang diposting di Medsos sudah banyak yang kurang baik. Bahkan, ada di antaranya yang termasuk bohong atau yang kini lazim disebut hoaks.
”Melalui kegiatan ini, kami mengajak kepada masyarakat Makassar khususnya para pegiat Medsos untuk secara bersama-sama memasyarakatkan mari bicara baik melalui Medsos. Sehingga setiap tulisan yang kita munculkan di Medsos betul-betul bisa membawa kesejukan di tengah-tengah masyarakat. Inilah salah satu upaya kami dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk selaku holding Company dari empat perusahaan semen terbesar di Indonesia termasuk PT Semen Tonasa bersama-sama memerangi berita hoaks dan menyajikan bicara baik melalui Medsos,” kata Pgs. Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Semen Indonesia Sigit Wahono, di sela acara dialog sosial bertajuk Makassar #BICARABAIK’ di Goedang Popsa, Kamis (18/10). Kegiatan ini diikuti sedikitnya 50 pegiat media sosial di Kota Makassar dan sekitarnya. 
Untuk mensharing bagaimana sebenarnya itu bicara baik di Medsos, PT Semen Indonesia menghadirkan tiga narasumber, masing-masing Marischka Prudence yang selama ini dikenal sebagai Travel Blogger serta Tumming dan Abu sebagai Content Creator.
Baik Marischka, Tumming maupun Abu, sama-sama bersepakat kalau dengan  membiasakan berbicara baik melalui Medsos, tidak saja turut mengedukasi masyarakat untuk membiasakan berbicara baik dimana saja. Terutama di media sosial.
Seperti disampaikan Marischka, dengan kebiasaannya memposting foto-foto hasil perjalanannya ke berbagai tempat melalui media sosial, dia banyak dikenal orang. Termasuk menanyakan berbagai hal tentang foto-foto yang dipostingnya.
”Saya biasanya memposting foto-foto hasil perjalanan saya disertai caption tentang foto itu. Jadi mereka yang tertarik dengan foto itu akan menanyakan kepada saya secara detailnya,” tutur Marischka.
Begitu pula dengan Tumming dan Abu yang sekarang dikenal banyak orang dengan postingan video pendek di Medsos dengan bahasa khas anak Makassar yang kadang dibuat ‘okkot’ atau salah pengucapan.
”Nah, bahasa okkot inilah yang menjadi kekuatan kami untuk merebut perhatian masyarakat tidak saja yang ada di Makassar dan Sulsel. Tapi juga di daerah lainnya di Indonesia. Berawal dari coba-coba memposting, kami sekarang sudah punya followers atau pengikut baik di instagram maupun twitter mencapai kisaran 400 ribu orang,” aku Tumming dan Abu.
Sementara itu, Kepala Seksi Humas PT Semen Tonasa, Jerry Nindra, mengungkapkan, pada dasarnya anak muda Makassar sejak dari dulu sudah dikenal sebagai sosok yang santun dan sopan tidak saja dalam berbicara.
Jerry lalu melantunkan beberapa baik lagu yang dipopulerkan penyanyi kawakan berdarah Makassar. Anci Laricci. Sebelum dilaksanakan di Makassar, kegiatan Mari Bicara Baik ini telah dilakukan PT Semen Indonesia di tiga kota lainnya di Indonesia, yakni Rembang, Surabaya, dan Tuban. (amir)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top