RAMZAH THABRAMAN
Headline

CCTV Canggih Disebar, Danny: Jangan Macam-macam!

MAKASSAR, BKM — Makassar Eight Festival and Forum 2018 dimulai pelaksanaannya besok, Rabu (10/10). Berbagai persiapan terus dimatangkan.
Mulai dari berbagai pertunjukan spektakuler, hingga sistem keamanan nomor satu. Semua disiapkan untuk menyambut dan mengamankan pagelaran internasional ini.
Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengatakan, F8 akan banyak menampilkan pertunjukan di atas laut. Yang paling spektakuler nantinya akan ada pertunjukan jetpack dan hoverboard water.
Jetpack adalah alat yang memungkinkan manusia untuk bisa terbang bebas, bahkan di atas air. Sedangkan hoverboard water adalah alat menyerupai skateboard yang bisa berjalan di atas air dengan menggunakan dorongan air.
Kedua pertunjukan ini, dikatakan Danny, merupakan yang pertama dipertontonkan di F8.
Untuk menikmati berbagai pertunjukan yang disajikan, Danny sudah menyiapkan area di pinggir laut sebagai tempat untuk bersantai. Selain itu, para pengunjung juga bisa sambil menikmati kopi dan hidangan lainnya.
“Kita banyak main di laut, jadi di pinggir laut nanti kita sediakan tempat ngopi. Supaya lebih santai, dan memberi keuntungan para usaha kopi,” kata Danny di Balai Kota, Senin (8/10).
Sistem keamanan yang disebar merupakan nomor satu dan canggih. CCTV (Closed Circuit Television) yang digunakan adalah kamera terbaik yang resolusi paling tinggi. Hal ini sebagai jaminan bahwa keamaman kegiatan ini berstandar internasional.
“Karena banyak diplomat yang akan hadir, maka kita akan full cover CCTV. Resolusi CCTV kami sampai 7K. Di mana HP kita pun bisa dipantau apa isinya, saking besarnya resolusinya. Jadi jangan macam-macam,” tambah Danny.
Namun, diakui, hingga kini yang masih menjadi kendala pelaksanaan adalah soal perparkiran. Banyaknya kendaraan ketika kegiatan ini berlangsung di Pantai Losari harus mendapat solusi tepat.
Apalagi, parkir yang rencananya disediakan di area CoI (Centrepoint of Indonesia), masih perlu ditinjau mengingat jauhnya lokasi dengan pusat kegiatan. Danny pun hingga saat ini masih mencoba untuk menyempurnakan kembali lokasi dan perparkiran.
Hingga dua hari menjelang dihelat, sebanyak 36 delegasi negara menyatakan kesiapannya untuk hadir. Ada 18 duta besar. Termasuk duta besar Rusia dan Konjen Amerika Serikat.
Tiga negara, yakni Meksiko, Belarusia, dan Korea Selatan menyatakan mundur. Salah satu penyebabnya adalah resiko dampak bencana alam.
Sementara perwakilan pemerintah kota yang akan hadir sebanyak 35 kota. Sekaligus akan dihadiri oleh 14 wali kota se-Indonesia. Untuk kegiatan ini disediakan tempat untuk 300 orang tamu VIP.
Rencananya, para konjen dan dubes semua negara yang akan menghadiri perhelatan F8 akan menginap di Hotel The Rinra. Hal ini karena forum dalam F8 nanti akan diadakan di hotel tersebut.
”Forumnya nanti kan di The Rinra. Jadi kita fokuskan semua perwakilan negara menginap di sana,” kata Amalia Malik, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Makassar.
Selama lima hari even ini dihelat, berbagai atraksi dipertunjukkan. Seperti Bambu Gila, jupiter aerobic show, dan sukhoi aerobatic.
Sejumlah artis ibu kota juga ikut memeriahkan acara ini. Diantaranya Once Meckel, Virzha, Maria Callista, Zaskia Gotic, ADA Band, Ivan Gunawan, dan Padi Reborn.

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top