RAMZAH THABRAMAN
Metro

Hadirkan Kapal Feri dan Hotel Bintang Empat di Selayar

MAKASSAR, BKM — Alat transportasi berupa kapal feri yang menghubungkan Bulukumba- Selayar masih sangat terbatas. Feri yang selama ini melayani angkutan barang, kendaraan, hingga orang dinilai belum memadai.
Menyikapi persoalan itu, Pemerintah Provinsi dalam waktu dekat berencana menyiapkan satu unit kapal feri untuk melayani rute Bira-Pamamata.
Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah mengatakan sangat penting untuk menyiapkan armada kapal laut tambahan mengingat aksesbilitas dan pergerakan ekonomi dari dan ke Selayar semakin padat.
“Kami berfikir akan mempersiapkan pengadaan kapal feri untuk melayani rute Selayar. Saya mau bicara dulu dengan stakeholder terkait karena ini penting,” ungkap Nurdin Abdullah.
Di menambahkan, kapal feri yang dihadirkan nanti akan memperhatikan standar layanan dan kenyamanan yang baik untuk penumpang.
Dia mau kapal feri itu ber AC, punya fasilitas tempat duduk untuk penumpang yang nyaman, aman, dan sebagainya.
“Kita mau orang yang naik kapal feri itu merasa santai, menikmati perjalanannya. Masih mau duduk-duduk, cerita-cerita, kapalnya sudah sandar,” kata Nurdin.
Kapal feri yang akan dihadirkan itu senilai Rp30 miliar dan akan diserahkan ke Pemkab Selayar untuk mengelola sepenuhnya.
“Kami akan siapkan secepatnya. Hanya satu unit saja dulu. Kapal ferinya senilai Rp30 miliar,” jelasnya.
Mantan Bupati Bantaeng dua periode itu menambahkan, kapal feri itu akan menjadi reward atau persembahan Pemprov Sulsel di Hari Jadi Kabupaten Selayar.
Alasan menghadiahkan Selayar moda transportask tersebut untuk mendorong masyarakat di daerah kepulauan tersebut merasa bagian yang penting dari Sulsel.
“Kita harus dorong ini daerah supaya memiliki Sulsel. Jangan cuma Sulsel yang memiliki selayar. Pengadaan kapal feri itu dalam bentuk hibah. Dia kelola sendiri untuk kebutuhannya di sana. Kasih kepada mereka untuk kelola sendiri,” tegasnya.
Selain menghadiahkan kapal feri untuk Selayar, Nurdin juga berencana membangun hotel, minimal berbintang empat di sana. Hal itu dilakukan untuk merangsang investasi berkembang di Selayar. (rhm)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top