Sulselbar

Ratusan Bacaleg Pangkep Deklarasi Pemilu Damai

PANGKEP, BKM — Ratusan bacaleg Pangkep menghadiri sosialisasi dan deklarasi Kampanye damai 2019. Deklarasi yang diselenggarakan KPU bersama Polres Pangkep ini berlangsung Minggu (16/9) di Alun-alun Citra Mas Pangkajene. Selain dihadiri Wabup Syahban Sammana, Ketua DPRD Andi Ilham Zainuddin, Kapolres Pangkep AKBP Tulus Sinaga dan para unsur Forkopimda lainnya.

Ketua Komisioner KPU Pangkep, Burhan di depan peserta deklarasi. Burhan meminta dukungan semua pihak untuk mensukseskan Pemilu 2019 ini. Makanya seluruh Bacaleg diundang hari ini untuk menghadiri Sosialisasi dan Deklarasi Kampanye 2019.

Menurut Burhan. Pemilu sebelumnya sangat berbeda dengan pemilu 2019. Pemilu sekarang setiap bacaleg memasukkan Pelaporan dana kampanye. KPU sebagai penyelenggara teknis, meminta semua pihak untuk mendukung penyelenggaraan pemilu 2019 yang aman, damai, demokratis dan bermartabat. Berdasarkan tahapan penetapan daftar calon tetap peserta pemilu akan dilakukan 20 September 2018 dan kampanye dimulai dari tanggal 23 September 2018 hingga 14 April 2019.

“Pemasangan alat peraga dan bahan kampanye akan dipusatkan pada titik-titik yang telah ditetapkan. Hasil perolehan suara akan diumumkan melalui model C1 dengan cara mengapload melalui handphone. Jadi jika ada kecurigaan bisa dichek melalui para saksi,” kata Burhan.

Sambutan lain juga disampaikan Wabup Pangkep Syahban Sammana. Atribut kampanye harus diatur supaya tidak menimbulkan kesan semraut. Terutama kota Pangkajene sebagai Ibukota harus dijaga imagenya dan tidak boleh ditutup dengan alat peraga.

Syahban sebagai Wabup mengingatkan agar ASN bertindak netralitas dalam Pileg mendatang. Stabilitas politik harus menciptakan kedamaian dan kebersamaan. Pemilu harus terlaksana dengan aman, damai, demokratis dan bermartabat. Para caleg bisa menjadi pionir dalam menghindari konflik. “Pilihan dipileg boleh beda,begitu pula dengan partai boleh juga berbeda. Tetapi tetap dalam bingkai kedamaian,” ujarnya .

Sementara itu, Kapolres Pangkep AKBP Tulus Sinaga, minta petugas penyelenggaraan Pemilu bisa bersinergi dengan pihak Kepolisian. Kehadiran semua penyelenggara pemilu dan para Bacaleg harus menciptakan sinergitas yang baik .

Polres Pangkep akan melakukan gelar pasukan pada tanggal 19 September 2018. Gelar pasukan dalam rangka pemilu ini akan menjadi gambaran kesiapan dalam pengamanan. Makanya pada tanggal 20 September 2018, pihak Polres akan mengamankan Kantor KPU.

Kapolres Pangkep meminta semua pihak mengawal agenda demokrasi ini. Deklarasi damai tidak hanya sebagai seremonial saja.

” Tetapi lebih dari itu sinergitas harus tercipta bersama. Apa nanti yang ditandatangani akan menjadi tanggung jawab bersama untuk menyelenggarakan pemilu secara aman, damai, demokratis dan bermartabat,” kata Kapolres Pangkep. (udi)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top