Gojentakmapan

Ribuan Warga Malino Ganyang Sampah

GOWA, BKM — Ribuan warga kota Malino dan sekitarnya di Kecamatan Tinggimoncong tinggalkan aktivitas lain.

Mereka tumpah ke jalan dan lingkungan sekitar rumahnya, Sabtu (15/9/2018) pagi hingga jelang siang.

Mereka membersihkan sampah yang bertebaran di dalam kota.

Sepanjang jalanan mulai jalan memasuki pintu gerbang kota Malino berlanjut tak putus hingga ke jalan protokol Jl Sultan Hasanuddin memutar ke sejumlah ruas jalan lainnya di pusat kota, semua warga berbaur bersama komunitas pemuda, komunitas remaja saling bahu membahu menganyang sampah yang ada.

Aksi yang dimotori Komunitas Peduli Gowa ini didukung penuh Pemerintah Kecamatan Tinggimoncong serta pemerintah kelurahan yang ada dan komunitas-komunitas masyarakat lainnya.

“Iya hari ini seluruh warga di Tinggimoncong khususnya Malino berbaur jadi satu membersihkan lingkungan dari sampah. Sampah plastik, sampah daun dan ranting serta sampah lainnya dihilangkan. Kami ingin perlihatkan bahwa Malino memang indah, bersih sehingga menambah alami kesejukan di daerah kami,” kata Camat Tinggimoncong, Andry Mauritz yang memimpin langsung gerakan aksi bersih ini.

Kegiatan ini kata Andry digerakkan Komunitas Peduli Gowa bersama seluruh stakeholder dan komunitas serta organisasi-organisasi pemuda se Kecamatan Tinggimoncong.

“Ada juga Hipma Komisariat Tinggimoncong, FKPPI, BKPRMI, IMM Muhammadiyah hingga anggota Muspika serta anggota Secata A Malino. Kami bangga bahwa semua elemen mau melihat Malino ini makin cantik serta indah dipandang dan sejuk dirasakan. Ini akan sangat menunjang Malino sebagai kota destinasi wisata nasional,” kata Camat.

Dalam aksi sehari di agenda weekend ini, turut berbaur jajaran Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa.

Rochak, dari Komunitas Peduli Gowa mengatakan aksi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian kaum muda untuk melihat kota Malino sebagai kota wisata yang makin menawan.

“Jadi kegiatan ini merupakan motivasi bagi masyarakat kota Malino untuk selalu menjaga kebersihan kota Malino. Ini juga menjadi ajakan kepada seluruh pengunjung Malino agar mau turut menjaga kebersihan Malino dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat. Jadi untuk menunjang aksi ini kami bersama pemerintah kecamatan dan lintas sektoral lainnya menyiapkan tempat sampah yang akan di tempatkan di titik-titik dalam kota,” kata Rochak.

Aksi bersih ini merupakan satu rangkaian weekend bersih dan camping cerdas yang digelar Komunitas Peduli Gowa di area pinus SMAN 5 Gowa yang dihelat mulai 14, 15, 16 September ini.

“Mari kita membangun Malino dengan cinta dan bekerja dengan hati untuk Malino,” tambah Camat Andry Mauritz. (saribulan)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top