Headline

ARW: Pilpres Sangat Seru, IMB: Pasangan Luar Biasa

MAKASSAR, BKM — Genderang persaingan bakal calon presiden dan wakil presiden Republik Indonesia mulai ditabuh. Dua pasangan disebutkan bakal bersaing dalam kontestasi pada pilpres 2019 mendatang.
Usai deklarasi, calon presiden Prabowo Subianto yang akan bersanding dengan Sandiaga Uno, siap mendaftar di gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jumat (10/8). Sementara di kubu petahana, Presiden Joko Widodo menggaet Prof Dr KH Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presiden.
Jokowi-Ma’ruf sedikitnya diusung koalisi sembilan partai politik. Deklarasinya berlangsung di Jakarta, semalam. Sementara Prabowo-Sandiaga diusung koalisi Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN).
Riuh politik di tingkat pusat langsung membuat konstelasi politik di Sulsel juga ikut memanas. Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sulsel Andi Idris Manggabarani (IMB) langsung membangun komunikasi dengan pimpinan partai koalisi, seperti PKS dan PAN.
IMB menilai, pasangan Prabowo-Sandiaga sangat menguntungkan dan berpeluang menang. “Sungguh pasangan yang luar biasa, karena saling mengisi dan komplit untuk memperbaiki bangsa ke depan. Untuk itu, kita langsung merapatkan barisan,” ujar IMB, Kamis (9/8).
Menurutnya, yang terbangun adalah calon wakil presiden dari kalangan pengusaha muda sehingga berpotensi dapat mengangkat ekonomi rakyat. “Kita tentu berharap calon wakil presiden dari pengusaha muda, yang tentu punya harapan untuk mengangkat ekonomi bangsa,” terang politisi yang berlatar belakang pengusaha ini.
Terkait peluang dua kekuatan tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulsel Andi Ridwan Wittiri (ARW) melihatnya biasa saja. Tak ada yang luar biasa dalam kedua kubu yang akan bertarung di Pilpres 17 April 2019 mendatang. “Biasaji dinda. Tidak adaji yang luar biasa,” ujar ARW, kemarin.
Meski demikian, ARW yang juga anggota DPR RI ini mengakui jika pilpres kali ini yang memasang Jokowi dan Ma’ruf memang seru. “Iya, memang seru banget,” ujarnya.
Terpisah, pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Mustafa M Raja yang dimintai tanggapannya soal paket keduanya, mengaku lebih mengunggulkan paket petahana dengan Ma’ruf Amin. “Kalau melihat pasangan yang ada saat ini, saya lebih menjagokan pasangan Jokowi-Ma’ruf,” ujar Mustafa M Raja.
Pemerhati politik dari Indeks Politika Indonesia Suwadi Idris, memberikan analisis jika pasangan Jokowi-Ma’ruf akan menjadi pemenang. “Peluang oppo Jokowi sangat besar. Sebab sosok Mah’ruf Amin saling mengisi. Dia ulama besar, tokoh yang bersih dan juga sosok akademisi,” ujar Suwadi, kemarin.
Sementara itu, untuk pasangan Prabowo-Sandiaga Uno, Suwadi menilai peluangnya agak berat lantaran berasal dari satu partai. “Karena berasal dari satu partai sehingga hanya menguntungkan electoral Partai Gerindra. Paket ini sulit merebut basis pemilih Islam secara mayoritas. Maupun pemilih nasionalis,” pungkas Suwadi. (rif)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top