Bisnis

Dibuka JK, Rakernas IA ITB Bahas Sejumlah Program Strategis di Makassar

RAKERNAS IA ITB -- Ketua Umum IA ITB, Ridwan Djamaluddin (dua dari kiri) didampingi Wakil Ketua, Dwi Loro, Ketua Pengda IA ITB Sulsel, Hariyadi Kaimuddin, dan Sekretaris Panitia, Audist Subekti ketika menyampaikan rencana pelaksanaan Rakernas IA ITB.

MAKASSAR, BKM — Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB) menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) di Hotel Aryaduta Makassar, Sabtu (4/8). Wakil Presiden, HM Jusuf Kalla dijadualkan membuka Rakernas ini.
Sejumlah program strategis akan dibahas dalam Rakernas ini. Menurut Ketua Umum IA ITB, Ridwan Djamaluddin, program strategis tersebut, masing-masing pembentukan tim persiapan percepatan pembangunan Indonesia Timur, program Indonesianisme Summit 3, program teknopreneur challenge Tantangan Bisa, dan program sinergi antar alumni: Sinergi Muda, Sinergi Run.

”Kami dari pengurus dan anggota IA ITB telah mendapat suatu kehormatan atas kesediaan bapak Wakil Presiden HM Jusuf Kalla yang akan membuka Rakernas IA ITB kali ini. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari keseriusan Pengda IA ITB Sulsel dalam mempersiapkan kegiatan Rakernas ini,” kata Ridwan Djamaluddin didampingi Wakil Ketua Umum IA ITB, Dwi Loro, Ketua Pengda IA ITB Sulsel, Hariyadi Kaimuddin, dan Sekretaris Panitia, Audist Subekti, di Hotel Aryaduta Makassar, Jumat sore (3/8).

Ditunjuknya Makassar sebagai tuan rumah Rakernas kali ini karena melihat posisi Makassar sebagai pintu gerbang Kawasan Timur Indonesia (KTI). ”Kawasan Indonesia Timur memiliki potensi sangat besar. Sangat disayangkan apabila potensi besar ini tidak dikelola dan dimanfaatkan secara optimal. IA ITB sebagai wadah alumni dari salah satu perguruan tinggi teknik tertua di Indonesia, ingin melakukan kontribusi dalam hal penguatan kedaulatan dan kemakmuran di wilayah Indonesia Timur, melalui re-industrialisasi dan menumbuhkan teknopreneur-teknopreneur,” kata Ridwan.
Karenanya, tambah Ridwan, pada Rakernas kali ini diambi tema ‘Dari Timur, Indonesia Bangkit Menjadi Bangsa Pemenang’.
”IA ITB dengan segala komponennya, mulai dari pengurus daerah, komisariat dan ikatan alumni program studi, serta pengurus pusat, merasa perlu melaksanakan Rakernas IA ITB 2018 di Makassar guna melihat langsung kondisi di Indonesia Timur,” ujar Ridwan.

Ketua Pengda IA ITB Sulsel yang juga CEO Kalla Toyota, Hariyadi Kaimuddin, mengemukakan, ditunjuknya Makassar sebagai tuan rumah Rakernas, tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi para alumni ITB yang ada di Makassar khususnya dan KTI pada umumnya.

”Karena sangat jarang penyelenggaraan Rakernas IA ITB dilakukan di luar Pulau Jawa. Selama ini Rakernas selalu dilakukan di wilayah Pulau Jawa. Karena jumlah alumni ITB di KTI ini masih sedikit. Tapi dengan ditunjuknya Makassar sebagai tuan rumah kali ini, tentu sangat selaras dengan yang diangkat, yakni Dari Timur, Indonesia Bangkit Menjadi Bangsa Pemenang,” kata Hariyadi.

Dalam Rakemas ini, IA ITB melakukan penyelarasan program kerja antar pengurus yang tclah disusun. Sehingga dapat memberi dampak lebih besar, khususnya di Indonesia Timur dengan akan membentuk IA ITB Komisariat Indonesia bagian Timur dengan Makassar sebagai penghubung (hub) dari Pengda-Pengda IA ITB di daerah Sulawesi, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

”Selain Wapres Jusuf Kalla, Rakemas IA ITB ini juga akan dihadiri Rektor ITB, Prof Dr Ir Kadarsah Suryadi, DEA, Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu M.A, dan Penjabat Gubemur Sulsel, Sumarsono,” terang Ridwan.
Rakemas IA ITB diikuti sekitar 250 orang alumni yang terdiri dari segenap jajaran pengurus pusat, pengurus daerah, komisariat, ikatan alumni program studi, dan berbagai alumni yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Termasuk juga perwakilan alumni yang berdomisili di Iuar negeri, dalam hal ini diwakili perwakilan dari Uni Emirat Arab. (amir)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top