Bisnis

BSB Jadi Bank Penerima Setoran Ibadah Haji

IST FOTO BERSAMA -- Manajemen BSB foto bersama dengan Aksa Mahmud, Ketua Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa (tengah duduk)

MAKASSAR, BKM — Terhitung mulai 9 Juli 2018, PT Bank Syariah Bukopin (BSB) secara resmi menjadi bank penerima setoran ibadah haji. Berdasarkan surat dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) No.B.0230/BPKH/02/2018 tanggal 28 Februari 2018, BSB resmi ditunjuk sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) dengan fungsi Bank Penerima.
Demikian diungkapkan Saidi Mulia Lubis, Direktur Utama BSB, di sela-sela acara launching yang berlangsung di BSB KCP Masjid Agung Sunda Kelapa/Menteng, Jakarta Pusat, kemarin.
Launching ini ditandai dengan diberikannya bukti setoran awal kepada nasabah BSB yang telah melakukan penyetoran awal ke BPKH melalui BSB yang memiliki Tabungan iB Haji sebagai tanda telah beroperasinya BSB sebagai BPS-BPIH.
Saidi mengungkapkan, sebenarnya BSB telah melayani penerimaan setoran biaya penyelenggaraan ibadah haji sejak masih menjadi Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Bukopin. Dengan telah beroperasinya BSB menjadi Bank Umum Syariah (BUS), BSB tetap melayani penerimaan setoran biaya penyelenggaraan ibadah haji melalui induk perusahaan yaitu Bank Bukopin hingga awal 2014.
Lanjut Saidi, dalam menunjang pelaksanaan penerimaan setoran BPIH, BSB telah mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung. Di antaranya Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), jaringan pelayanan (outlet) di seluruh kantor BSB, serta Sumber Daya Insani (SDI) untuk mempermudah nasabah dalam melakukan setoran BPIH.
Saat ini, BSB telah memiliki Tabungan iB Haji sebagai sarana bagi nasabah untuk menabung guna memenuhi setoran awal biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH). ”Dengan ditunjuknya BSB sebagai BPS-BPIH, kami berharap dapat mendongkrak penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK). Khususnya melalui produk Tabungan iB Haji. Sehingga dapat meningkatkan dana murah (CASA) kami,” jelasnya.
Nasabah yang ingin membuka Tabungan iB Haji, cukup membawa KTP dan NPWP ke outlet BSB yang sesuai dengan KTP nasabah dengan setoran awal sebesar Rp500.000 dan untuk setoran selanjutnya minimal sebesar Rp100.000 dan bebas biaya administrasi bulanan.
Tabungan iB Haji ini digunakan sebagai reference account bagi nasabah yang sudah membayar lunas sebesar Rp25 juta. Apabila saldo nasabah telah mencukupi biaya penyetoran awal sebesar Rp25juta, maka nasabah dapat langsung melakukan penyetoran awal ibadah haji ke BPKH melalui BSB dengan membawa persyaratan yaitu KTP nasabah, buku Tabungan iB Haji BSB, pas foto 3×4 sebanyak lima lembar dengan latar belakang putih dan mengisi form Surat Pernyataan Calon Haji (SPCH).
Nasabah yang telah melakukan penyetoran awal akan mendapatkan bukti setoran awal dari BSB dan membawa bukti setoran awal beserta persyaratan lainnya ke kementerian agama kabupaten/kota sesuai KTP nasabah untuk mendapatkan nomor porsi.
”Kami berharap, ditunjuknya BSB sebagai bank penerima setoran dapat memperluas akses masyarakat dalam melakukan pembayaran haji dan dapat mengundang masyarakat baik pribadi maupun KBIH untuk membayar setoran haji melalui outlet BSB sesuai KTP masing-masing nasabah. Target kami, dalam waktu dekat pelayanan setoran haji BSB bisa diperluas ke outlet Bank Bukopin yang menyediakan layanan syariah,” jelas Saidi. (mir)


Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top