RAMZAH THABRAMAN
Bisnis

Berawal Sebagai Helper Mendampingi Kakaknya

BKM/ISHAK MAPPELAWA Mamang

MAKASSAR, BKM — Perkembangan media sosial (Medsos) cukup membantu bagi para pelaku jasa usaha khususnya jasa servis elektronik, seperti AC, mesin cuci, kulkas, dan frezeer. Kini mereka merasakan kesejahteraan selama mereka acapkali menawarkan pengalamannya dibidang tersebut.
Salah satunya adalah warga Suka Maju bernama Mansur. Ia telah merasakan kesejahteraan tersebut yang berawal jika dirinya hanya helper yang mendampingi kakaknya setiap melayani konsumen selama tiga tahun.
Kini, Mansur yang kerap disapa Mamang telah berdiri sendiri dari pengalaman yang diraihnya selama mendampingi kakaknya bernama Makmur. Kepada Berita Kota Makassar, Senin (9/7), Mamang mengatakan, sebelum dirinya mendirikan usaha sendiri ia mendalami pengalaman jadi tukang servis elektronik mendampingi kakaknya yang dijadikan sebagai gurunya bernama Makmur yang melayani konsumen panggilan dari kota sampai ke pelosok.
”Tiga tahun saya mendampingi guru saya melakukan servis elektronik disaat konsumen memanggil mulai dari kota hingga ke pelosok desa. Namun pengalaman itu berbuah hasil. Sampai saya mendirikan usaha sendiri dan meminta dukungan pada guru saya. Beliau pun mendukung hingga saat ini saya melayani usaha jasa memanfaatkan perkembagan media sosial. Namun itu juga tak terlepas dari ilmu manajemen,” ujar Mamang.
Seiring berjalannya waktu, kata Mamang, dirinya membutuhkan tenaga promosi untuk memperkenalkan usahanya kepada masyarakat luas. Ia pun merekrut adik iparnya untuk menjadi tenaga promosi. Sehingga dirinya sekarang semakin mendapat kepercayaan dari konsumen servis panggil.
”Ketika saya hendak mendirikan jasa usaha saya kemudian membentuk manajemen. Pasalnya, kalau tak ada manajemen tentu usaha tidak lancar. Dari sinilah saya mencoba mengajak adik ipar saya. Tugasnya hanya mempromosikan lewat media sosial. Alhasil, dari promosi tersebut saya pun semakin banyak order mulai pukul 8.00 Wita pagi sampai pukul 17.00 Wita. Order dalam sehari padat. Alhamdulillah dalam sebulan saya sudah bisa berpenghasilan Rp7 juta sampai Rp9 juta,” jelas Mamang.
Dalam melayani konsumennya, Mamang tidak saja melakukan servis. Namun ia juga memberika tips kepada konsumennya agar barang elektronik miliknya bisa tahan. Dengan tips tersebut hingga Mamang semakin mendapat kepercayaan dan mendapat promosi dari konsumennya.
Menurut Mamang, dalam menggeluti usaha yang paling penting ditanamkan ke konsumen adalah kejujuran. ”Kejujuran yang paling utama kami lakukan. Sebab kapan sekali tidak jujur terhadap konsumen, maka kedua kalinya tak bakal dapat lagi panggilan. Apalagi dipromosikan dari mulut ke mulut. Itu kunci pengalaman saya. Kemudian saya juga biasanya tak memungut biaya saat pengecekan kondisi barang konsumen seperi AC. Saya juga memberi garansi perbaikan kerusakan selama sebulan. Jadual pekerjaan juga saya bisa diatur, biaya perbaikan pun komunikatif dalam menjelaskan apa saja yang rusak dan apa saja biayanya. Jadi sangat transparan,” pungkasnya. (ish/mir/b)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top