NURDIN HALID-AZIZ QAHHAR MUDZAKKAR AGUS ARIFIN NU'MANG-TANRIBALI LAMO NURDIN ABDULLAH-ANDI SUDIRMAN SULAIMAN ICHSAN YASIN LIMPO-ANDI MUZAKKAR
Gojentakmapan

Ini Tips Mudik Sehat Ala Kepala Puskesmas Pallangga

dr Gaffar

GOWA, BKM — Aksi mudik makin gencar. Puncaknya besok Kamis (14/6/2018). Terkait mudik ini Kepala Puskesmas Pallangga, dr Gaffar lalu memberikan tips mudik sehat untuk para warga Pallangga dan warga mana saja yang akan mudik.

“Bagi warga yang hendak mudik ke mana saja sebaiknya perhatikan beberapa hal sebelum bepergian atau selama perjalanan,” kata dr Gaffar.

Tips mudik sehat, aman dan selamat ini digelontorkan Kemenkes RI dan dijabarkan para insan kesehatan di daerah.

Tips mudik sehat itu kata dr Gaffar yakni, bagi pemudik siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik, periksa kondisi kelayakan kendaraan, tidak meminum obat-obatan atau minuman yang menyebabkan kantuk sebelum dan selama mengemudi.

Beristirahat selama 15 menit setiap telah mengemudi selama 4 jam, jangan paksakan mengemudi bila sudah lelah atau mengantuk, disiplin dan patuh rambu lalulintas.

Kendalikan kecepatan kendaraan pada kondisi jalanan rusak, bergelombang, saat hujan, dan cuaca buruk, kendaraan tidak melebihi muatan yang layak, gunakan masker dan lindungi diri dari polusi udara, jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal.

“Hal penting juga, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum makan, konsumsi makanan dan minuman yang sehat, buanglah sampah pada tempatnya. Tidak buang air kecil/besar sembarangan, gunakan toilet yang tersedia dan bila sakit, manfaatkan pos kesehatan terdekat,” kata dr Gaffar. (saribulan)


Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top