Sulselbar

Soal Penangguhan Penahanan Terdakwa Korupsi APDD Sulbar, ACC Surati KPK

MAKASSAR, BKM — Anti Corruption Committe (ACC) Sulawesi, melayangkan surat ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Pengawas Mahkamah Agung (MA) RI dan Komisi Yudisial.

Dalam isi suratnya, ACC meminta KPK dan KY untuk melakukan pengawasan dan pemantauan, sidang perkara dugaan korupsi penyimpangan dana APBD Sulbar, tahun 2016 sebesar Rp360 miliar.

Surat dilayangkan ACC pasca penangguhan penahanan yang dilakukan majelis hakim Tipikor Mamuju, kepada empat terdakwa korupsi. Empat terdakwa yang ditangguhkan penahanannnya masing-masing Ketua DPRD Sulbar Andi Mappangara, serta tiga mantan wakil ketua DPRD Sulbar, Hamzah Hapati Hasan, Munandar Wijaya dan Harun.

“Surat permintaan laporannya sudah kami layangkan kemarin, Selasa (12/6/2016),” kata Direktur ACC Sulawesi, Abdul Muthalib, Rabu (13/6).

Muthalib mengatakan ACC meminta kepada ketiga lembaga, tersebut segera memberikan respon, serta menindaklanjuti laporan tersebut, sebab ACC menduga ada permainan dalam perkara tersebut.

“Kami juga mendesak kepada tiga lembaga ini, untuk mengawasi hakim yang menangani sidang perkara ini,” tegas Muthalib.

Ia menilai bahwa majelis hakim memeriksa dan menyidangkan perkara tersebut, telah menerima permohonan penangguhan penahanan keempat terdakwa, dengan dalih hari raya Idul Fitri.

Menurutnya dengan dikabulkannya permohonan itu, majelis hakim dinilai dan dianggap. telah mencedarai rasa keadilan masyarakat serta lembaga peradilan.(mat)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top