Gojentakmapan

Besaran Zakat Fitrah Untuk Beras Rp7.500 per Liter

BKM/KR KULLE H Irfan Daming

JENEPONTO BKM – Pembayaran Zakat Fitrah untuk Daerah Kab Jeneponto telah ditetapkan melalui surat edaran oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Jeneponto yang telah diterima menyebutkan, untuk zakat firah yang biasa makan beras senilai Rp7.500 per liter.
”Jadi, setiap orang wajib mengeluarkan zakat fitrah sebanyak 4 liter beras dikali Rp7.500, berarti setiap orang wajib mengeluarkan sebesar Rp30.000,” jelas Panitia Masjid Besar Nurul Iman Jjalan Lanto Daeng Pasewang Bontosunggu, Gonca, Selasa malam (5/6).
Lanjut Gonca mengatakan, sama halnya kaum muslimin yang kesehariannya makan nasi jagung hanya diwajibkan membayar zakat fitrah senilai Rp5.000 per liter atau Rp20.000 per orang.
”Kami Panitia Masjid Nurul Iman bersedia menerima penyaluran zakat fitrah kaum muslimin,” jelas Gonca.
Hal ini dibenarkan Kakan Kemenag Jeneponto, H Irfan Daming SAg MAg. Ketika ditemui di kantornya, kemarin, Irfan mengatakan, pihaknya sudah mengedarkan suratnya ke kantor-kantor KUA kecamatan untuk diteruskan ke setiap masjid yang ada di wilayahnya.
Lalu berapa standar atau kisaran pembayaran zakat fitrah yang diterapkan, kata Irfan Daming, sesuai apa yang dikomsumsi setiap harinya. Kalau beras harganya Rp7.500 per liter dan nasi jagung Rp5.000 per liter, itu dikali empat per orang. Atau jika diuangkan, untuk pembayaran zakat jenis beras mencapai Rp30 ribu per orang, untuk jenis nasi jagung Rp20 ribu per orang.
”Tenggat waktu pembayaran zakat sebelum khatib turun dari mimbar pada saat salat id. Lewat dari itu pembayarannya bukan lagi zakat fitrah tapi hanya sebatas sedekah biasa. Makanya, kaum muslimin harus hati-hati,” jelas Irfan Daming. (krk/mir/c)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top