Headline

Hati-hati Modus Baru Penipuan Transfer Uang

MAKASSAR, BKM — Tim gabungan dari Unit Reskrim Polres Jeneponto yang diback up Resmob Polda Sulse mengepung sebuah rumah di Jalan Mapala, Makassar. Tak lama kemudian, seorang pria tanpa mengenakan baju dan hanya bersarung langsung dibekuk.
Lelaki itu bernama Surhidayat (27). Beralamat di Kassi-kassi, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto. Ia diamankan, Senin (4/6) setelah dilaporkan dalam kasus penipuan di wilayah hukum Polres Jeneponto. Laporan korban ke polisi bernomor: LP/B/156/V/2018/Sulsel/Res Jeneponto tertanggal 14 Mei 2018.
”Jadi Unit Reskrim Polres Jeneponto yang menindaklanjuti laporan korban terkait kasus penipuan. Mereka selanjutnya berkoordinasi ke kami untuk melakukan pengejaran terhadap pelaku. Dari penyelidikan anggota di lapangan, pelaku diketahui berada di Jalan Mapala Lorong 6, Kecamatan Rappocini,” terang AKP Edy Sabhara, Kanit Resmob Polda Sulsel, kemarin.
Tim gabungan kemudian bergerak ke lokasi tersebut. Sebuah rumah dikepung. Pelaku pun berhasil dibekuk. Selanjutnya digelandang ke markas Resmob Polda Sulsel guna menjalani pemeriksaan awal.
Ia menjelaskan modus baru penipuan yang dilakoninya. Awalnya, tersangka mendatangi agen BRI Link yang menjadi tempat kejadian perkara (TKP).
Saat itu korban ia perdayai dengan dalih hendak meminta tolong transfer uang sebesar Rp5 juta. Ditujukan kepada seorang perempuan bernama Herawati.
”Setelah uang ditransfer oleh korban, pelaku kemudian berpura-pura kalau ia lupa membawa uang,” ungkap Edy.
Selanjutnya pelaku berdalih hendak ke rumah keluarganya di Bontobiraeng untuk mengambil uang. Alasan itu diambil supaya tidak ada ribut-ribut di TKP.
Korban akhirnya percaya. Apalagi pelaku menitipkan kartu ATM sebagai jaminan, yang belakangan diketahui bukan miliknya. Setelah meninggalkan TKP pelaku tak pernah kembali lagi. Korban pun kemudian melapor ke Polres Jeneponto. (ish/rus)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top