Sulselbar

Hipertensi Sering Muncul Tanpa Keluhan

MAROS, BKM — Dinas Kesehatan Kabupaten Maros menggelar sosialisasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Hipertensi di baruga A kantor bupati Maros, Rabu (16/5). Hipertensi sering disebut ‘The Silent Killer’. Karena sering muncul tanpa keluhan. Sehingga penderita tidak tahu dirinya mengidap hipertensi tetapi kemudian mendapati dirinya sudah terjadi komplikasi.
Spesialis Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Unhas, Dr Himawan Sanusi, mengatakan, hipertensi ini adalah penyakit Indonesia yang memang ditandai peningkatan kadar-kadar makanan tak teratur dan kurangnya berolahraga.
”Dari 100 penderita penyakit, sebanyak 70 orang tidak menyadari dirinya mengidap penyakit ini. Sehingga mereka terlambat dalam mendapatkan penanganan,” katanya.
Himawan mengimbau kepada ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat yang hadir untuk tetap mengontrol lebih dini kadar gula dan hipertensinya. ”Jangan pernah percaya mitos-mitos yang sering didengar dengan mengonsumsi herbal-herbal yang beredar. Silakan ke dokter atau Puskesmas dan mintalah obat-obat yang dianjurkan dokter,” bebernya.
Sekretaris Kabupaten Maros, Baharuddin, juga mengatakan, peningkatan penderita penyakit menular atau tidak menular terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat. Karena dipacu urbanisasi, modernisasi, dan globalisasi.
Baharuddin juga berharap, pemerintah mempunyai komitmen penting semoga ini sukses dan meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap penyakit hipertensi dan diabetes. Dalam sosialisasi ini juga diadakan sesi tanya jawab bagi peserta yang hadir dan konsultasi cek gula darah secara gratis. (ari/mir/c)


Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top