Sulselbar

Plt Bupati Luwu Bawakan Kultum Di Masjid Agung Belopa

Plt Bupati Luwu Amru Saher saat membawakan kultum hari pertama Ramadan di Masjid Agung Belopa, Kamis (17/5/2018).

LUWU, BKM — Hari pertama bulan Ramadhan 2018/1439 H, Plt Bupati Luwu Amru Saher membawakan kultum usai melaksanakan salat Duhur di Masjid Agung, Belopa, Kamis (17/5/2018).

Dalam kultum yang disampaikan, Amru Saher membahas soal fungsi doa bagi umat muslim. Menurutnya, doa itu lebih afdal jika dilakukan masing masing.

Doa itu berfungsi merubah takdir kita. Setidaknya doa merupakan rasa syukur kita kepada Allah Swt.

“Salah satu fungsi doa adalah merubah takdir kita semua,” kata Amru di hadapan jamaah masjid Agung Belopa.

Dijelaskn Amru Saher, doa itu adalah ibadah. Hal ini berdasarkan atas Al-Qur’an yang artinya adalah; Berdo’alah kepadaKu, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya Berdoa kepada Allah adalah memperlih hatkan sikap berserah diri dan membutuhkan Allah, karena tidak dianjurkan ibadah melainkan untuk berserah diri dan tunduk kepada Pencipta serta merasa butuh kepada Allah.

Doa itu adalah ibadah yang paling mulia di sisi Allah Ta’ala. Doa menunjukkan Tawakal Kepada Allah.

Hal itu dikarenakan orang yang berdoa dalam kondisi memohon pertolongan kepada-Nya, menyerahkan urusan hanya kepada-Nya bukan kepada yang lain-Nya.

Sebagaimana juga berdoa adalah bagian dari bentuk ketaatan kepada Allah dan bentuk pemenuhan akan perintah-Nya.

“Jadi doa, berusaha berikhtiar dan pada akhirnya tawakal kepada Allah adalah merupakan bagian satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya,” kata Amru Saher dalam ceramah kultumnya.

Dia menjelaskan, doa menjadikan hati menjadi tenang. Ini adalah merupakan salah satu manfaat berdoa kepada Allah.

Orang orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingat, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.

“Dan dengan doa akan bisa memberikan dan juga mendapatkan keutamaan serta faedah yang sangat banyak di dunia dan akhirat bagi yang senantiasa mengamalkannya termasuk doa kita dapat merubah takdir kita dari Allah Swt,” papar Amru Saher. (irwan musa)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top