Gojentakmapan

Gowa Dapat 30 Ribu Keping KIA

GOWA, BKM — Mulai Juli 2018 mendatang, seluruh anak usia di bawah usia 17 tahun akan memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Kartu ini adalah pengganti KTP elektronik.
Untuk program ini Gowa dijatahi sebanyak 30 ribu keping kartu dilengkapi peralatan pencetakan. Stimulan kartu anak ini diserahkan Kemendagri disebabkan Gowa berhasil melampaui target nasional perekaman/pencetakan KTP elektronik.
”Kita akan lakukan kartu identitas anak ini melalui cakupan pemilikan akte kelahiran untuk anak usia 0 sampai 17 tahun kurang satu hari. Kita dapat program ini dari Kementerian Dalam Negeri karena Gowa berhasil capai di atas 90 persen dan melampaui target nasional. Jadi Gowa itu mendapatkan stimulan dalam bentuk pembuatan kartu identitas anak,” jelas Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gowa, Ambo, di kantornya, kemarin.
Dijelaskan Ambo, KIA ini sebagai KTP elektronik. ”Kartu identitas anak ini otomatis kita akan gantikan KTP elektronik begitu si anak berusia tepat 17 tahun,” katanya.
KIA ini diperuntukkan bagi anak TK, SD dan SMP. ”Tapi kita prioritaskan dulu untuk SD dan SMP. Kalau yang TK nanti setelahnya,” kata Ambo lagi.
Manfaat KIA ini adalah jika memasuki ruang-ruang publik seperti swalayan atau bioskop dan fasilitas layanan lainnya, si anak sisa memperlihatkan kartu identitasnya dan akan dapat diskon tertentu.
Sementara untuk perekaman KTP elektronik, hingga kini Disdukcapil Gowa terus melakukan pelayanan. Selain perekaman dibuka pelayanan ditingkat kecamatan, Disdukcapil juga menambah jam kerja personel perekaman dihari libur, yakni Sabtu dan Minggu. Layanan khusus dihari libur itu dibuka Disdukcapil mulai pukul 10.00 Wita sampai 15.00 Wita.
Dikatakan, hingga kini perekaman yang telah dilakukan pihaknya sudah mencapai 92 persen dari jumlah wajib KTP sebanyak 489.771 jiwa. Jumlah ini melampaui target nasional. ”Saya imbau kepada masyarakat untuk segera merekam. Silakan datang ke kantor Disdukcapil dihari Sabtu dan Minggu. Karena kami buka dari jam 10.00 pagi hingga jam tiga sore,” kata Ambo. (sar/mir)


Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top