Headline

Tamsil-Iqbal tak Penuhi Syarat Balon DPD

MAKASSAR, BKM — Dari 28 bakal calon (balon) anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, baru 10 diantaranya yang memenuhi syarat dukungan. 18 lainnya masih butuh penambahan dukungan. Dari hasil verifikasi ulang, mereka tidak memenuhi syarat minimal 3.000 dukungan.
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tamsil Linrung, salah satu dari pendaftar yang belum memenuhi syarat tersebut. Selain itu, petahana anggota DPD RI M Iqbal Parewangi juga dinyatakan belum memenuhi syarat.
Hal tersebut diketahui, setelah KPU Sulsel mengumumkan nama-nama balon anggota DPD RI daerah pemilihan (dapil) Sulsel yang lolos dan tidak lolos pada verifikasi jumlah minimal syarat dukungan, sebaran serta verifikasi administrasi dan analisa dukungan ganda.
Humas KPU Sulsel Asrar Marlang, Selasa (15/5) menjelaskan, 10 balon yang memenuhi syarat dukungan sisa menunggu proses verifikasi faktual yang akan dilaksanakan akhir Mei mendatang. Sementara 18 orang lainnya, masih harus memasukkan dukungan tambahan sesuai dengan kekurangannya.
“Yang 10 orang tidak perlu perbaikan, karena sudah memenuhi syarat minimal dukungan dan sebaran. Sisanya itu harus memperbaiki jumlah yang kurang sampai tanggal 20 Mei,” jelas Asrar.
Ke 10 balon dukungannya sudah terpenuhi masing-masing HM Roem, Saiful Saleh, Sindawa Tarang, Rudi Hartono, Mappaujung Maknun, Pathillah, Lily Amelia Salurapa, Ajiep Padindang, Andi Muh Ihsan, dan Amil Sadiq.
Adapun 18 orang yang jumlah dukungannya masih kurang, yakni Tamsil Linrung, Asmar, Andi Adara Vanessa Baramuli, Nina Marlina Nadjamuddin, Muh Yunus Razak, Harmansyah, Herman Hafid Nassa, Arianto Burhan Makka, Muhlis Katili, M Tasmin, Iqbal Parewangi, Nusra Aziz, Mustafa Irate, Andi Kasmawati, Sulaeman Qamaruddin, Abd Rahim Mas P Sanjata, Ardiansyah, dan Shafatiarah.
Yang ironis, dua dari 18 balon tak memenuhi syarat itu, ternyata seluruh KTP bukti dukungan yang disetorkannya bersoal. Sehingga harus melengkapi dan menambah sebanyak 3.000. Keduanya adalah Nina Marlina Nadjamuddin dan Andi Kasmawati.
Iqbal Parewangi menanggapi kekurangan berkasnya dengan santai. Alasannya, karena masih ada berkas dukungan yang memang belum disetor. “Mengganti KTP dukungan itu tidak sulit, karena memang masih banyak yang belum kami setor,” ujarnya, kemarin.
Sementara Andiries Riesfandi selaku LO Tamsil Linrung, mengemukakan bila pihaknya juga telah berkomunikasi dengan pihak KPU, di mana disebutkan legislator Senayan tersebut masih kekurangan dukungan KTP.
”Karena KPU menganggap ada dukungan ganda. Kita siap memasukkan kembali dukungan baru sebanyak 1.000 KTP,” tandasnya. (nug/rus/b)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top