RAMZAH THABRAMAN
Sulselbar

Piutang PDAM Pangkep Capai Rp5 M

Bupati Pangkep Syamsuddin A Hamid sambutan pada Presentasi Business Plan yang digelar PDAM Pangkep di Kantor Pemkab Pangkep, Rabu (16/5/2018).

PANGKEP, BKM — Berdasarkan laporan Direktur Utama PDAM Pangkep, Efendy Kasmin saat berlangsung kegiatan Presentasi Business Plan di Kantor Pemkab Pangkep Rabu (16/5) bahwa jumlah piutang di pihak pelanggan saat ini masih berkisar Rp5 miliar.

Masalah keuangan tidak hanya sampai disitu. Jumlah pemasukan iuran pelanggan Rp500 juta perbulan. Sementara pengeluaran Rp200 juta, untuk listrik Rp238 juta gaji karyawan dan pemeliharaan sebanyak Rp75 juta.

Menurut Direktur Utama PDAM Barru, Efendy Kasmin, angka tersebut belum termasuk untuk perbaikan dan pemindahan pipa dari tengah jalan.

“Makanya PDAM mengharapkan OPD terkait untuk mengalokasikan anggaran untuk hal ini. Sebab tanpa air semua tidak ada artinya,” kata Efendy melaporkan kondisi PDAM dihadapan Bupati Pangkep.

Sementara Bupati Pangkep Syamsuddin A Hamid menyatakan air bersih sebagai kebutuhan utama tidak bisa tidak ada disekitar kita. Bupati saja kalau tidak mandi tidak berani mendekat ke orang disekitarnya.

Itulah sebabnya Businesa Plant merupakan inovasi dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dari PDAM.

“Kondisi PDAM sekarang memang membutuhkan perubahan dan peningkatan kualitas. Makanya dibutuhkan seorang Manajer berpengalaman untuk melakukan perubahan dalam manajemen PDAM. Hal ini yang menjadi salah satu alasan untuk memberikan kepercayaan kepada mantan Sekkab sebagai pimpinan di PDAM Pangkep,” kata Syamsuddin.

Dijelaskan mantan Ketua DPRD Pangkep ini, untuk menambah sumber air dan mendukung kelancaran dari distribusi air bersih, harus memaksimalkan upaya percepatan penyelesaian sumber air di Tagari.

Tetapi semua harus dimulai dari karyawan PDAM agar memperbaiki kinerja, pelaporan data dan harus menindaklanjuti  dengan aksi nyata.

Memang PDAM adalah perusahaan yang mencari keuntungan. Tetapi harus 50% menunaikan misi sosial.

Begitu pula dengan sejumlah program pemerintah dan PDAM, harus didukung sepenuhnya agar bisa berjalan sesuai harapan.

“Semua ini dilakukan agar pelayanan air ke masyarakat dapat berjalan lancar. Sebagai pimpinan saya berharap ini jadi perhatian utama oleh Dirut dan ini merupakan perintah pimpinan, ” harapnya. (udi)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top