Kriminal

Jaksa Sebut Berkas Bos Abu Tours Belum Lengkap

MAKASSAR, BKM — Tim jaksa peneliti Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel menyatakan, berkas penyidikan kasus dugaan penggelapan, penipuan dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang menjerat bos PT Abu Tours, Abdul Hamzah Mamba belum lengkap. Masih ada beberapa syarat yang belum dilengkapi oleh penyidik.
”Kekurangan dalam berkas tersebut, baik syarat formil maupun materil masih harus dilengkapi oleh penyidik,” kata Salahuddin selaku Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Sulsel, Selasa (15/5).
Untuk itu, lanjut Salahuddin, jaksa peneliti berencana mengembalikan berkas perkara tersebut, dengan sejumlah petunjuk melalui P-19 dan wajib dipenuhi oleh penyidik sebelum berkas tersebut dinyatakan lengkap.
“Jaksa peneliti masih sementara menyusun petunjuknya, untuk nantinya akan diserahkan ke penyidik melalui surat P-19,” ujarnya.
Salahuddin menuturkan, untuk saat ini berkas perkara tersebut belum dikembalikan ke penyidik, sebab penyidik masih menyusun petunjuknya. Setelah petunjuknya ada, maka berkas tersebut akan dikembalikan ke penyidiknya untuk dilengkapi sesuai petunjuk yang diberikan oleh jaksa peneliti.
“Kalau petunjuk itu sudah dipenuhi dan dilengkapi oleh penyidik nantinya, maka kewajiban jaksa adalah mem-P-21-kan perkara tersebut,” tandasnya.
Dalam kasus ini, tersangka Hamzah Mamba dijerat dengan pasal 45 TPPU, yang ancaman hukumannya maksimal 20 tahun penjara, denda Rp10 miliar. Total kerugian calon jamaah umrah yang ditanganinya sebesar Rp1,8 triliun, dari sebanyak 86.720 orang yang tersebar di 15 kota di Indonesia. (mat/rus)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top