Metro

Dewan Minta Ruas Jalan Rusak Segera Dikerjakan

MAKASSAR, BKM– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Makassar menagih janji Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar soal pengerjaan ruas jalan yang bakal di kerja bulan ini.
Hal ini berdasarkan laporan Dinas PU saat menggelar Monitoring Evaluasi (Monev) minggu lalu bersama Dewan. Menurut anggota Komisi C DPRD Makassar, Fasruddin Rusli, Dinas Pekerjaan Umum segera mengerjakan perbaikan jalanan. Sebab tidak ada alasan untuk melakukan penundaan karena telah dialokasikan mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) darin pemerintah pusat tahun ini.
“Memang seharusnya sudah dikerja bulan lalu hanya saja lambat ditender makanya terkendala disitu. Seharusnya sudah masuk ini bulan janjinya seperti itu kalau bukan pertengahan, yah akhir,”ungkapnya di gedung DPRD Makassar, Senin (14/5).
Lanjut Legislator Fraksi PP ini menuturkan alokasi dana DAK yang didapatkan untuk perbaikan jalan sembilan ruas ini terbilang sangat besar, maka akan sangat disayangkan jika tahun ini tidak terlaksana dengan baik.
“Cukup besar sekali memnag anggarannya kalau tidak salah sebesar Rp82,8 milliar. Tapi coba pastikan di dinas PU karena masuk fisiknya seperti apa mereka yang tahu, kita hanya tekankan soal secepatnya dikerjakan,” bebernya. Diketahui sembilan ruas jalan yang akan di kerjakan meliputi Jalan Hj Bau, Jalan Balaikota, Jalan Rajawali, Jalan Gagak, Jalan Diponegoro, Jalan Satando, Jalan Jalan Racing Center, Jalan Salodong, dan Jalan Dangko.Jalan Racing Center mendapatkan alokasi sebesar Rp19,3 miliar untuk pengaspalan dan pembetonan, Jalan Rajawali sebesar Rp10,4 miliar, Jalan Hj Bau Rp7,5 miliar, Jalan Salodong Rp7,3 miliar, Jalan Diponegoro Rp 6,6 miliar, Jalan Dangko Rp4,9 miliar, Jalan Balaikota sebesar Rp4,8 miliar, Jalan Satando Rp4,7 miliar, dan Jalan Gagak sekitar Rp2,6 miliar.
Sedangkan Ketua Komisi C DPRD Makassar, Rahman Pina menuturkan sudah seharusnya Dinas PU sudah melakukan perbaikan di sembilan ruas jalan saat ini. Menginggat sebelumnya ada keterlambatan pengerjaan dan lelang tender, dengan anggaran yang cukup besar tersebut diperuntukkan bukan hanya memperbaiki jalan tapi infrakstruktur yang ada.
“Besar memang karena seluruh infrakstruktur dijalanan itu akan diperbaiki, termaksud sanitasi dan air bersihnya,” singkatnya.
Perbaikan infrastruktur di sembilan ruas jalan tersebut meliputi perbaikan jalan, sanitasi, dan air bersih. Berikut rincian alokasi anggran disetiap ruas untuk pengerjaan jalan mendapatkan alokasi sebesar Rp68,5 miliar, sedangkan sanitasi sebesar Rp2,3 miliar dan sanitasi sebesar Rp7,5 miliar, kemudian air bersih sebesar Rp4,5 miliar.
Dikonfirmasi terpisah Kepala Dinas PU Kota Makassar, Muh Ansar membeberkan anggaran pembangunan perbaikan untuk masing-masing ruas jalan berbeda sehingga membutuhkan prerncanaan yang matang, lelang tender melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).
“Memang kita dapat dana DAK untuk membenahi 9 ruas jalan itu dari anggaran Rp68,5 miliar. Secepatnya kita kerja dek,”ucapnya.(ita)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top