Headline

Alhamdulillah, 1 Ramadan Bersamaan

BKM/CHAIRIL PANTAU HILAL-Suasana pemantauan hilal di atas gedung mal GTC, Selasa sore (15/5).

MAKASSAR, BKM — Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1439 Hijriah jatuh pada hari Kamis (17/5). Sebelumnya, Muhammadiyah menetapkan jadwal yang sama. Itu artinya, awal puasa dilaksanakan di hari yang sama.
Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulsel telah melakukan pemantauan serta peneropongan hilal, Selasa sore (15/5) pukul 17.53 Wita. Dari atas gedung Mal Global Trade Center (GTC) Jalan Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar, posisi matahari dan bulan masih berjarak 11 derajat, dan masih berada dalam posisi di bawah minus 0 derajat. Sehingga hilal yang menandakan jatuhnya 1 Ramadan belum terlihat melalui teropong.
”Dari tadi kita telah melakukan pemantauan. Hilalnya belum nampak dan terlihat,” ujar Kepala BMKG Wilayah Makassar A Fachri Radjab, kemarin.
Menurut hasil pengamatan, kata Fachri, posisi bulan masih di bawah ufuk. Masih di bawah 0 derajat, minus 20 menit.
“Hasil perhitungan untuk hari ini memang belum terlihat. Kemungkinan besok (hari ini) kita masih akan melakukan pemantauan lagi. Mudah-mudahan besok hilal sudah bisa terlihat saat dilakukan pemantauan,” imbuhnya.
Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin di Jakarta, juga telah menyampaikan keputusan pemerintah terkait 1 Ramadan. Yaitu pada hari Kamis (17/5). ”Dengan demikian puasa 1 Ramadan akan kita mulai hari Kamis lusa (besok),” ujarnya. (mat/rus)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top