PESANTREN AN-NUR TOMPOBULU
Metro

BI Siapkan Rp3,9 T untuk Puasa dan Lebaran

SEPERTI tahun-tahun sebelumnya, permintaan terhadap uang kartal saat Ramadan dan jelang akan meningkat dibanding hari-hari biasa.
Menyikapi kondisi ini, Bank Indonesia (BI) sudah siap menghadapi lonjakan permintaan masyarakat terhadap penukaran uang kertas tersebut.
Menurut Kepala Perwakilan BI Sulsel, Bambang Kusmiarso, masyarakat
tidak khawatir dengan ketersediaan uang kartal menjelang Ramadan dan lebaran. BI Sulsel sudah berhitung, bertemu dengan perbankan lain sehingga jumlahnya dipastikan cukup dan tersedia.
“Angka kita di Rp3,9 triliun atau meningkat dibanding realisasi tahun lalu sebesar Rp3,3 triliun. Jadi kita siapkan dan tidak usah khawatir kalau terkait uang kartal menjelang Ramadan dan Idul Fitri,” pungkas dia.
Persoalan lain yang mendapat perhatian BI, khususnya jelang Ramadan adalah menjaga angka inflasi tetap stabil.
Menurutnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi angka inflasi melonjak saat Ramadan dan jelang Idul Fitri.
Diantaranya permintaan terhadap barang yang cukup tinggi sehingga menyebabkan harga dan kelangkaan baranf ikut terpengaruh.
Selain itu, pengendalian inflasi, juga berkaitan erat dengan perkembangan politik Pilkada.
Infasi juga nyambung dengan keamanan, jika terjadi kekurangan pangan bisa terjadi kerusuhan.”Secara umum dapat disampaikan, bahwa kondisi, stabilisasi harga yang ada di Sulsel cukup baik,” kata Bambang Kusmiarso. Dia juga menyebutkan penyebab inflasi disebabkan karena faktor ketersediaan dan harga pangan, serta kelancaran distribusi. Penting bagaimana mencapai suplai yang cukup, kemudian ketersediaan harga, kelancaran distribusi dan komunikasi serta ekspektasi masyarakat.
“Secara umum selalu kita pelajari komoditas mana yang memberi dampak berulang tiap tahun terkait kenaikan inflasi,” beber Bambang.
Tahun ini, BI Sulsel targetkan inflasi mencapai 3,5+-1 persen. Komoditas pangan yang menjadi perhatian BI Sulsel menjelang Ramadan, diantaranya cabe merah, bawang merah, bawang putih, telur ayam ras, daging, dan beras. Komoditas pangan itulah, yang dalam beberapa tahun terakhir ini menjadi perhatian BI Sulsel karena selalu memberikan tekanan inflasi. (rhm)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top