RAMZAH THABRAMAN
Headline

Serang Polisi Pakai Pisau, Terpidana Pembunuhan Ditembak

MAKASSAR, BKM — Seorang pelaku jambret bernama Lukman (32) tersungkur ke tanah, setelah kakinya diterjang timah panas.Dia kemudian dievakuasi personel Tim Khusus Polda Sulsel ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk mendapat perawatan medis, Senin (12/3)
Dari catatan polisi, Lukman diketahui merupakan terpidana dalam kasus pembunuhan yang sudah dijatuhi vonis 12 tahun penjara. Namun, saat menjalani hukumannya yang sudah memasuki tahun kelima, ia kabur dari tahanan.
Dalam pelariannya, ia melakukan aksi pencurian. Korban melapor ke polisi dengan nomor LP/17/11/2018/Polres Maros/Sektor Turikale tertanggal 19 Februari 2018 lalu. Saat beraksi, Lukman membawa kabur uang Rp12,8 juta serta gawai merek Oppo A3.
Timsus Polda Sulsel yang diturunkan untuk melakukan pengejaran, berhasil mendeteksi tersangka. Ia diketahui sedang berada di rumahnya Jalan Pongtiku, Makassar.
Tersangka yang melihat kedatangan petugas tak ciut nyalinya. Bahkan mencoba melakukan perlawanan. Dia bergulat dengan petugas yang coba menangkapnya. Motor polisi dijatuhkannya. Setelah itu, sebilah pisau dikeluarkan dari pinggangnya. Seorang anggota timsus nyaris terkena tikaman.
Personel lain yang melihat aksi nekat pelaku langsung bereaksi. Tiga kali tembakan peringatan ke udara dilepaskan. Bukannya menyerah, Lukman mencoba melarikan diri.
Tak ingin buruannya kabur, moncong pistol diarahkan ke bagian kaki. Saat timah panas bersarang, barulah pelaku menghentikan perlawanannya.
Panit Timsus Polda Sulsel Ipda Artenius mengatakan, tersangka Lukman terpaksa diberi tindakan tegas lantaran mengancam jiwa seorang petugas. ”Dia menyerang petugas menggunakan pisau, meski sudah diberi tembakan peringatan,” ujarnya.
Menurut Artenius, tersangka sebelumnya kabur dari tahanan. Setelah tiga hari dalam pengejaran, diapun berhasil diringkus. (ish/rus)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top