Headline

Rusdin dan Jayanti Divonis Bebas, JPU Kasasi

MAKASSAR, BKM — Majelis hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pengadilan Tinggi Sulsel menjatuhkan vonis bebas terhadap dua terdakwa kasus dugaan korupsi sewa lahan negara, di Kelurahan Buloa, Kecamatan Tallo, Kota Makassar. Vonis tersebut diberikan setelah Rusdin dan Jayanti Ramli selaku terdakwa menempuh upaya banding melalui tim kuasa hukumnya.
Dalam amar putusannya, majelis hakim menyatakan bila terdakwa tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah dalam kasus tersebut. Serta membebaskan terdakwa dari hukuman pidana penjara, yang sebelumnya menjatuhkan pidana penjara selama 1 tahun penjara, denda Rp50 juta, subsider 1 bulan kurungan.
Sebelumnya, Rusdin juga diwajibkan untuk membayar uang pengganti kerugian negara sebesar Rp250 juta, subsider 6 bulan penjara. Dengan ketentuan jika dalam waktu 1 tahun 6 bulan tidak dibayarkan, maka harta benda milik terdakwa Rusdin akan disita oleh negara. Sedangkan Jayanti Ramli dijatuhi pidana penjara selama 1 tahun, denda Rp50 juta, subsider 1 bulan kurungan.
Kuasa hukum keduanya, Zamzam yang dihubungi, kemarin membenarkan jika kedua kliennya itu telah divonis bebas di Pengadilan Tipikor tingkat Tinggi Sulsel. “Iya betul, dik. Baru juga saya terima pemberitahuannya,” ujar Zamzam.
Berdasarkan akta pemberitahuan tersebut, perkaranya diputus sejak awal bulan Maret lalu. “Dalam akta pemberitahuan putusan banding, perkara diputus tanggal 6 Maret 2018,” tambahnya.
Zamzam menilai, putusan tersebut sudah tepat dan memenuhi rasa keadilan.
Dikonfirmasi terpisah, Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulsel Salahuddin menegaskan bila JPU (Jaksa Penuntut Umum) akan mengajukan upaya kasasi ke Mahkamah Agung. “Pasti JPU akan ajukan Kasasi,” tegasnya.
Hanya saja, kasasi tersebut diajukan nanti setelah JPU telah menerima salinan putusannya. (mat/rus)


Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top