Gojentakmapan

Pejabat Pengadaan Barang Jasa Harus Miliki Kemampuan Profesi

Suasana bimtek Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah bagi PPK, Pokja ULP, pejabat pengadaan lingkup pemerintah Kabupaten Gowa.

 

GOWA, BKM — Aparat pengadaan barang dan jasa ditegaskan harus memiliki kompetensi dan kemampuan profesi agar mampu menjalankan tugas-tugasnya dengan efektif dan efisien.

Hal itu ditegaskan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekkab) Gowa, Muchlis saat membuka bimbingan teknis (bimtek) Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah bagi PPK, Pokja ULP, pejabat pengadaan lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa yang berlangsung di Hotel Prima Makassar, Rabu (7/3/2018).

Sekkab Gowa, Muchlis dihadapan puluhan pejabat pengadaan barang dan jasa lingkup Pemkab Gowa mengatakan
dalam rangka percepatan pelaksanaan pembangunan daerah diperlukan inovasi terhadap pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah dengan pemanfaatan teknologi informasi.

“Yang kita butuhkan adalah aparat yang memiliki kompetensi dan kemampuan profesi di bidang pengadaan barang/jasa pemerintah diantaranya pengguna anggaran/kuasa pengguna anggaran (PA/KPA), pejabat pembuat komitmen, panitia pengadaan barang. Karena itu, kita harus manfaatkan teknologi informasi,” tambahnya.

Muchlis juga mengatakan PPK dan Pokja pengadaan barang dan jasa merupakan garda terdepan dalam menjaga kualitas pengadaan barang dan jasa pemerintah yang transparan dan akuntabel.

“Saya meminta keseriusan peserta agar mengikuti dengan baik dan menyimak seluruh materi yang disajikan narasumber, sehingga pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah di tahun-tahun mendatang dapat dilaksanakan dengan profesionalisme dan mengedepankan prinsip pengadaan yang efektif dan efisien sesuai ketentuan yang berlaku,” tegas Muchlis.

Muchlis pun berharap dengan bimtek ini menciptakan adanya peningkatan kapasitas dan penguatan agar tujuan bimtek dapat tercapai.

“Salah satu indikator menilai kemajuan daerah ialah manajemen pengadaan barang dan jasanya, makanya saya berharap melalui bimtek ini kapasitas PPK dan Pokja lingkup Pemkab Gowa lebih kompeten di bidang pengadaan barang dan jasa,” kata Muchlis lagi.

Ketua Panitia Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa, Sujjadan mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kapasitas sumber daya aparatur.

“Pelatihan ini kita laksanakan untuk membekali sumber daya aparatur agar mampu meningkatkan dan memenuhi kebutuhan aparatur untuk mencapai pelaksanaan tugas secara efektif dan efisien, ” kata Sujjadan.

Bimtek manajemen pengadaan barang dan jasa ini diikuti 80 peserta dan turut dihadiri Kepala BPJS Ketenagakerjaan KancaMakassar, Direktur Utama PT Jamkrida Sulsel, Kadis PMD Gowa, dan para kepala SKPD lingkup Pemkab Gowa. (saribulan)

 


Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top