Headline

Berkedok Pembeli Lewat Daring, Curi Alat Sulap

MAKASSAR,BKM — Tim Resimen Mobile (Resmob) Polda Sulsel kembali mengamankan empat orang tersangka dalam kasus pencurian yang disertai kekerasan (curas). Mereka diringkus, Selasa (13/2) sekitar pukul 13.00 Wita.
Keempat orang itu adalah Andi Muh Nurpanca (20), warga Jalan Budaya Jenetallasa, Kabupaten Gowa. Hariyustian (30), beralamat di Jalan Yusuf Bauti Nomor 131 Kabupaten Gowa. Sementara satu orang oknum mahasiswa bernama Muh Yusuf (23), serta Ridwan alias Pepen, warga BTN Asabri Blok E5 Kabupaten Maros.
Penangkapan tersangka dilakukan berdasarkan laporan ke Polsek Moncongloe, Maros tertanggal 12 Februari 2018. Laporan tersebut ditindaklanjuti tim Resmob Polda Sulsel dengan melakukan penyelidikan.
Dari hasil penyelidikan, tak sampai 1×24 jam tim resmob berhasil melacak keberadaan salah seorang pelaku. Ia tengah berada di Jalan Budaya Jenetallasa, Kabupaten Gowa. Andi Muh Nurpanca ditangkap di lokasi ini.
Di depan polisi sebelum dirinya digelandang, Nurpanca mengaku pernah melakukan pencurian. Namun ia tak sendirian. Melainkan ditemani seorang rekannya yang tinggal di Jalan Yusuf Bauty, Gowa.
Nurpanca kemudian digiring untuk menunjukkan persembunyian rekannya. Hariyustian diamankan di Jalan Yusuf Bauty nomor 131.
Keduanya lalu dibawa ke markas Resmob Polda Sulsel untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Dari mereka terungkap lagi dua nama lainnya. Masing-masing Ridwan dan Yusuf yang tinggal di Maros. Dari pengembangan yang dilakukan, keduanya pun diringkus.
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani, menjelaskan modus operandi pelaku. Mereka berpura-pura sebagai pembeli alat sulap yang dijual oleh korban secara daring.
”Ketika mengetahui seseorang hendak menjual barangnya lewat online, tersangka Andi Nurpanca berpura-pura menjadi seorang pembeli. Dia lalu mengajak korban untuk janjian bertemu di sebuah lorong yang agak sepi. Saat korban datang membawa barangnya, keempat tersangka langsung mengancam lalu mengambil koper korban berisi alat sulap,” beber Dicky.
Dari tangan terangka, polisi mengamankan sejumlah barang bukti. Diantaranya sebuah koper warna hitam yang isinya alat sulap berbagai jenis. Satu unit sepeda motor Yamaha Mio 125 warna silver. Kasus ini ditangani Polsek Moncongloe. (ish/rus)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top