Politik

Disertasi IYL Layak Jadi Referensi Perombakan UU Sisdiknas

MAKASSAR, BKM–Pujian atas disertasi Ichsan Yasin Limpo, masih saja terus mengalir pasca promosi doktor di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin. Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) pusat, Ramli Rahim, bahkan menyebut disertasi IYL dengan judul “Politik Hukum Pendidikan Dasar dalam Sistem Pendidikan Nasional” patut diapresiasi tinggi.
Disertasi yang juga mendapat pujian dari mantan Ketua Mahakamah Konstitusi, Prof Dr Hamdan Soelva ini, bahkan dinilai sangat layak menjadi referensi dalam merombak Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Hal itu dilontarkan Ketua IGI Pusat setelah mendengarkan langsung pemaparan IYL dalam promosi doktornya. “Saya memandang disertasi ini penting dalam rangka menginterupsi segala bentuk UU dan Peraturan tentang pendidikan nasional. Ini ranahnya ranah hukum, diperlukan sebuah upaya melahirkan sistem baru pendidikan nasional yang betul-betul sesuai dengan cita-cita pendiri bangsa ini dengan tetap menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Sudah begitu lama saya berdiskusi dengan para pimpinan kemendikbud tentang beban belajar siswa indonesia yang begitu besar, sudah terlalu lama kita mencari bagaimana caranya mengurangi mata pelajaran pada semua jenjang pendidikan di Indonesia yang tentu saja akan menimbukan dampak dan konsekuensi pada pelaksanaannya. Perbandingan jumlah guru dan murid di Indonesia sudah cukup baik tapi kemudian menjadi tidak efektif karena jumlah mata pelajaran yang begitu banyak,”ujar Ramli. (rif)


Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top