Headline

Ibunya Meninggal, Kulitnya Kini Terkelupas

BKM/NUGROHO DIRAWAT-Bayi Milea Ananda Mandiri yang dirawat tantenya di RSIA Ananda. Kondisi bayi usia 23 hari ini stabli setalah mendapat pertolongan medis.

”BUAT semua teman2 yang punya pakaian bayi, susu atau popok bisa disalurkan utk saudara kita yg kurang mampu. Bayi ini sekarang lg di Rs Ananda Makassar kamar 703. Ibunya meninggal pas melahirkan. Bapaknya kabur.
Yang merawatnya pun cm orang2 yang kasihan. Yang mau membantu bisa ke Rsnya langsung atau gojekin pakaian dll nanti sy kasih kontak teman yg lagi rawat bayi ini. Mereka gantian rawat dan patungan bayar Rs krn bayi ini kulitnya melepuh krn prematur dan tdk ada biaya utk inkubator. Terima kasih sebelumnya. Dgn niat hati yg ikhlas ingin membantux.”
Itulah kalimat ajakan menjadi viral di kalangan pengguna media sosial, kemarin. Pada bagian atasnya terpampang sebuah foto sesosok bayi mungil. Di ujung kalimat tercantum sebuah nama serta nomor handphone yang bisa dihubungi.
BKM kemudian menindaklanjuti informasi tersebut dengan mendatangi Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ananda di Jalan Andi Djemma (dulu Jalan Landak Baru), Kamis (8/2). Pihak RS serta keluarga bayi membantah sebagian penjelasan yang beredar di medsos.
Milea Ananda Mandiri merupakan nama yang disematkan kepada bayi tersebut. Pihak keluarga ada yang menjaganya di rumah sakit, meski bukanlah orang tua kandungnya. Milea dijaga oleh tantenya bernama Risna.
Risna menjelaskan jika dirinyalah yang akan mengasuh Milea. Ia mengakui jika ibu Milea telah meninggal, namun bukan saat melahirkan. Ayah Milea juga bukannya kabur dan menelantarkan anaknya. Melainkan sekarang sedang bekerja dan berada di Kota Parepare.
“Ini bayi sekarang usianya 23 hari. Mamanya meninggal hari Senin kemarin jam 10.30 dan dikubur hari Selasa setelah Ashar. Bapaknya juga tidak kabur. Dia lagi ada di Parepare, kerja di pelabuhan,” jelas Risna.
Menurut Risna, saat ini ayah Milea memang belum sempat menjenguk anaknya. Namun telah mengetahui kondisi bayinya. Risna juga belum tahu kapan ayah Milea akan datang ke rumah sakit.
Ketika BKM berada di RS Ananda, kemarin, kulit Milea terlihat memerah. Beberapa bagian tubuhnya, seperti kulit kakinya tampak terkelupas.
Manajer SDM dan Pelayanan RSIA Ananda dr Nasriadi Nasir, mengatakan memang ada infeksi pada kulit Milea. Sampai saat ini pihak rumah sakit masih melakukan penanganan.
Menurut dr Nasriadi, ibu dari Melia tidak meninggal di RSIA Ananda, melainkan di RSUD Syekh Yusuf pada 16 Januari 2018. Sedangkan sang bayi baru dibawa ke RSIA Ananda pada hari Rabu (7/2).
Awalnya, pihak RSIA Ananda dikirimi foto oleh tetangga orang tua bayi, Rara pada Rabu (7/2) pukul 09.15 Wita. Melihat foto kondisi bayi, pihak rumah sakit menyarankan untuk segera dibawa ke RSIA Ananda.
Milea pun dibawa oleh Rara dan Risna ke RSIA Ananda dan tiba pada Rabu siang. Setelah melihat kondisi bayi secara langsung, pihak RSIA Ananda menyarankan segera dirawat karena mengalami dehidrasi akut.
Sang bayi mendapatkan penanganan medis dari RSIA Ananda. Ia diberi infus serta obat-obatan yang bisa membantu kesembuhannya. Diperkirakan dalam beberapa hari ke depan, kondisi Milea akan pulih.
“Sekarang kondisinya sudah stabil. Kami terus pantau, semoga beberapa hari ke depan semakin membaik. Kami menegaskan bahwa bayi ini tidak lahir prematur, jadi tidak membutuhkan inkubator,” terang dr Nasriadi. (nug/rus/b)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top