Politik

Yakin Lolos tes Kesehatan dan Narkoba

BKM/CHAIRIL Empat pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur usai menjalani tes di PCC RS wahidin Jumat (12/1).

MAKASSAR, BKM–Empat pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur baru saja menjalani tes kesehatan dihadir kedua di Private Care Center (PCC) RS Wahidin, Jumat (12/1).
Semua calon mengaku optimis lolos dan tidak menemui kendala sama sekali.
Pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka), yang datang sejak pagi terlihat mengumbar senyum sesaat sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan.
Baik saat masuk ke ruangan maupun setelah mengganti pakaian yang disediakan pihak PCC, IYL dan Cakka terus memancarkan senyum. Termasuk saat berjalan menuju salah satu ruangan, mereka melakukan Salam Punggawa sambil diabadikan oleh fotografer.
IYL dan Cakka yang tiba sekitar Pukul 07.00 pagi, mengaku sangat optimistis bisa melalui tahapan ini dan lolos di pemeriksaan kesehatan. Maklum, keduanya memang selama ini tidak memiliki riwayat penyakit atau rekam medik yang membahayakan. “Alhamdulillah, kami berdua tidak punya rekam medik yang bisa menghambat, sehingga kami sangat yakin bisa menjalani pemeriksaan kesehatan ini dengan baik,” kata IYL sebelum masuk ke PCC.
Sekadar diketahui, selama dua hari berturut-turut, tim dokter dari IDI akan melakukan pemeriksaan kesehatan, baik jasmani maupun psikologi kandidat gubernur dan wakil gubernur.
Tahapan ini tergolong penting, karena pihak IDI akan memberikan rekomendasi kepada KPU apakah para bakal calon mampu atau tidak mampu dari segi kesehatan jika diberi amanah memimpin Sulsel.
Khusus di pemeriksaan kesehatan, pihak IDI juga akan memeriksa riwayat penyakit kandidat, termasuk jika ada yang mengidap kanker atau penyakit yang membahayakan.
Pasangan IYL-Cakka keluar dari PCC mengaku bisa melalui tes kesehatan dan tes psikologi nyaris tanpa ada kendala. “Alhamdulillah, semua pertanyaan (tes psikolog) bisa kami jawab,” kata IYL saat ditanya tentang jumlah pertanyaan di tes psikolog, Jumat (12/1) siang.
Mengenai hasil tes kesehatan, IYL mengaku sangat yakin bisa lolos. Apalagi saat pemeriksaan, nyaris tidak ada keluhan atau saran tim dokter mengenai riwayat penyakit.
Selain itu, IYL-Cakka juga menunjukkan amplop berwarna coklat yang berisi surat sudah menjalani tes kesehatan dan psikologi.
Menurut IYL, tes kesehatan yang diikutinya kali ini merupakan yang keenam kalinya. Begitu pun Cakka juga sudah berulangkali, terutama saat keduanya ingin maju sebagai kandidat bupati.
Usai menjalani tes kesehatan, keduanya naik di mobil yang sama untuk selanjutnya bergerak ke posko pemenangannya di Jalan Hertasning, Makassar.
Pasangan Nurdin Halid-Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) juga hadir menjalani pemeriksaan kesehatan.
Mengenakan kemeja putih, NH tiba lebih dahulu dari Aziz dan mengaku siap dan yakin akan lolos pada tahapan ini. Sebab, dirinya selalu menjaga pola hidup sehat dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. “Alhamdulillah saya tidak ada persiapan khusus. Semua rutinitas berjalan dengan baik. Hal ini adalah hal yang biasa, alhamdulillah rutin minimal check-up sekali setahun,” bebernya.
Lebih lanjut, NH juga menuturkan, pemeriksaan kesehatan ini bukanlah untuk sekadar “menghakimi” penyakit kandidat. Namun, setelah dilakukan sosialisasi oleh pihak Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulsel, jelas NH, pemeriksaan ini sebagai indikator yang menentukan kemampuan secara fisik dan kejiwaan kandidat ketika diamanahkan menjadi gubernur. “Jadi apakah calon mampu memenuhi syarat untuk bisa bekerja, tidak ada gangguaan fisik yang bisa menganggu. Ini soal kemampuan dari sisi kesehatan, fisik dan kejiwaan mampu memimpin lima tahun ke depan,” urainya.
Keyakinan lolos pada tes kesehatan dan narkoba juga disampaikan pasangan Agus Arifin Nu’mang-Taribali Lamo (Agus-TBL). Keduanya yang mengenakan songkok hitam dan kemeja putih lengan pendek juga keluar dari ruang PCC dengan tersenyum sambil meyapa para pendukungnya. “Insya Allah semuanya berjalan dengan aman dan lancar, kita yakin tahapan ini juga lolos,”ujar Agus yang diamini oleh TBL.
Untuk pasangan Nurdin Abdullah-Andi Sudriman Sulaiman (NA-ASS) juga yakin lolos pada tes kesehatan yang diikuti. NA yang mengenakan kemeja batik serta ASS yang mengenakan kemeja putih kebiru biruan mengaku siap lahir batin ikut Pilgub. “Kami sangat siap ikut kontestasi Pilgub,”ujar ASS sambil melempar senyum kepada yang hadir.
Baik IYL-Cakka, NH-Aziz, Agus-TBL maupun NA-ASS pulang dengan mebawa sebuah amplop berwarna coklat. (rhm-jun/rif/c)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top