Gojentakmapan

RSUD Salewangang Hadirkan Call Centre Pengaduan Pelayanan

MAROS, BKM — Pasca-mencapai akreditasi paripurna dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) 2018, manajemen RSUD Salewangang Maros kini menghadirkan call centre pengaduan pelayanan.
Kabag Humas RSUD Salewangang, Sri Darmayanti, mengatakan, warga atau pasien yang mengeluhkan pelayanan tim medis maupun fasilitas lainnya, bisa mengirim pesan singkat (SMS) ke nomor 081343905639.
”Warga yang mengeluhkan pelayanan medis atau fasilitas ruangan yang rusak, bisa hubungi SMS centre kami di nomor 081343905639. Pemberitahuan SMS centre ini kami sudah sebar ke ruangan ramai,” katanya.
Selain bisa mengadu melalui SMS Centre, warga juga bisa datang langsung ke bagian Humas atau customer service yang berada di pintu masuk rumah sakit. Setelah menerima keluhan, manajemen langsung menindaklanjuti dengan memanggil petugas medis yang bertugas untuk dievaluasi.
”Kalau ada yang mengeluh, silakan catat nama petugas lalu kirim atau laporkan ke kami. Sejak itu juga, petugas medis yang dimaksud akan kami panggil,” katanya.
Untuk memudahkan warga atau pasien mengetahui identitas petugas, manajemen mengeluarkan aturan yang bersifat wajib. Setiap petugas medis wajib memasang papan nama atau ID card khususnya.
”ID card untuk petugas wajib dipasang supaya mudah diawasi. Jadi kalau ada yang mengeluh, lihat ID cardnya lalu sampaikan namanya ke kami,” katanya.
Sri mengakui, meski telah menerapkan hal tersebut, namun masih saja ada keluhan warga. Hal ini membuat manajemen lebih tegas. Tim medis yang melakukan pelanggaran terancam dipecat. Khususnya dokter yang berstatus sebagai PNS.
Sementara dokter tamu, wajib tunduk kepada aturan rumah sakit yang telah ditandatanganinya. ”Kami sudah berusaha memperbaiki tapi masih ada keluhan. Kami terus berbenah untuk peningkatan pelayanan. Kalau dokter PNS yang sering melanggar, akan kami sampaikan ke BKDD,” katanya.
Dokter organik RS diwajibkan masuk kerja pukul 08.00 wita hingga jam kantor selesai. Sementara dokter tamu masuk maksimal pukul 10.00 Wita. Tim medis juga wajib check clock masuk dan pulang.
Sri mengklaim, saat ini RSUD Salewangang sementara berbenah, indeks kepuasan warga terkait pelayanan sudah mencapai 80 persen. indeks tersebut berdasarkan Permenpan No 14 tahun 2017. (ari/mir/c)


Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top