Politik

Polda Terima 128 Miliar Dana Pengamanan

BKM/CHAIRIL MENGUNJUNGI--Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono mengunjungi kantor DPW Partai Nasdem Sulsel, Jumat (12/1). Kapolda disambut ketua DPW Nasdem Sulsel H Rusdi Masse dan sekretaris Syaharuddin Alrif.

MAKASSAR, BKM–Pemprov Sulsel akhirnya menyerahkan dana pengamanan ke Polda Sulsel yang ditandai dengan penandatanganan Nota Pemberian Hibah Daerah (NPHD) di ruang kerja Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jumat (12/1).
Anggaran pengamanan yang dialokasi sebesar Rp128 miliar. Angka itu lebih kecil dibanding usulan sebelumnya yakni sebesar Rp220 miliar.
Kapolda Sulsel, Irjen Pol Umar Septono mengatakan, jika bicara ideal, angka tersebut masih jauh dari jumlah yang diusulkan. “Mungkin karena kemampuan dan hasil evaluasi pemerintah daerah hanya bisa memberikan Rp128 miliar,”kata Umar.
Meski demikian, pihaknya akan menggunakan dana tersebut semaksimal mungkin. Untuk pembagiannya sendiri, Polda Sulsel telah membuat indeksnya.
Anggaran ini sendiri masih harus dibagi ke TNI sebesar Rp6,5 miliar. “Untuk makan dan uang saku lebih banyak ke situ,” jelasnya.
Kepolisian telah membentuk dua satuan tugas (satgas) yaitu Satgas Anti Money Politics (Politik Uang) dan Siber. Keduanya lebih pada pengawasan pelaksanaan Pilkada.
Untuk Satgas Anti Money Politik ini merupakan hal yang baru dibentuk dengan tugas mengawasi praktek curang dalam kampanye terutama yang mengarah pada tindakan KKN.
Sementara Satgas Siber lebih kepada pengawasan media sosial. Terutama penyebaran kampanye hitam dan ujarnya kebencian saat pelaksanaan tahapan Pilkada.
Polda telah menyiagakan 17.600 personil. Setelah pendaftaran, Umar menyebutkan kondisi Sulsel masih kondusif. Ini berkat kerjasama penyelenggara, pendukung bakal calon dan masyarakat. “Masih kondusif saat pendaftaran kemarin, termasuk dari penyelenggara dan masyarakat. Kemarin agak panas di Luwu dan Palopo setelah mediasi sudah kondusif,” ucapnya.
Sementara itu, Gubernur SYL mengakui anggaran tersebut memang belum cukup. “Pasti saja tidak mencukupi kalau dilihat dari kebutuhan yang ada. Tapi paling tidak ini fasilitasi awal agar semua pengamanan sudah jelas,”jelas SYL. Pada sore hari, Kapolda Irjen Pol Umar Septono lalu melakukan kunjungan ke Kantor DPW Partai Nasdem Sulsel yang teletak di Jalan Botolempangan, Jumat kemarin.
Kedatangan Irjen Umar Septono disambut Ketua DPW Nasdem Sulsel Hm Rusdi Masse, sekretaris Syaharuddin Alrif serta belasan pengurus DPW lainnya. Kapolda juga menyinggung soal Sulsel yang sering disebut masuk dalam zona merah. “Kita berharap Pilgub Sulsel tetap aman,”ujar Irjen Pol Umar Septono. Rusdi Masse juga mengapresiasi kunjungan Kapolda kekantor Nasdem Sulsel. “Kami di Nasdem juga lebih berharap agar Pilgub Sulsel tetap aman,”pinta Rusdi Masse yang tak lain adalah Bupati Sidrap dua periode ini. (rhm/rif/c)


Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top