Kriminal

Gerebek Bandar Sabu, Polisi Dilempari Bom Molotov

IST DIAMANKAN-Aparat Polres Pelabuhan Makassar mempelihatkan sembilan dari 12 orang tersangka penyalahgunaan narkoba yang ditangkap di rumah kos Jalan Kandea 3 Lorong 6 Setapak 1.

MAKASSAR, BKM — Personel Satuan Narkoba Polres Pelabuhan, Kamis (11/1) pukul 17.45 Wita melakukan penggerebekan di Jalan Kandea 3 Lorong 6 Setapak 1. Sasarannya adalah bandar dan pengedar sabu yang bermukim di wilayah ini. Tim dipimpin Kanit Idik I Satnarkoba Polres Pelabuhan Ipda Asnawi.
Namun siapa sangka, petugas mendapat perlawanan dari warga setempat. Bahkan mereka melempari polisi dengan bom molotov. Ada pula yang menggunakan anak panah dan busur, serta benda tajam lainnya.
Aparat tak bisa keluar dari lokasi, karena jalanan diblokade oleh warga dengan menggunakan bangku serta kayu. Mereka baru bisa meninggalkan TKP setelah personel Polrestabes Makassar dan Polres Pelabuhan tiba sekitar pukul 20.00 Wita. Warga berhasil dipukul mundur masuk ke dalam rumahnya masing-masing.
Dari lokasi, polisi kemudian mengamankan 12 orang. Barang bukti yang ditemukan berupa satu saset kristal bening diduga sabu, yang disita dari Andika. Satu saset sabu disita dari Heri. Satu saset sabu didapat dari salah satu kamar kos.
Ada pula satu alat isap sabu. Satu pireks kaca sisa pakai sabu. Satu sendok sabu, dan beberapa pipet plastik warna putih. Juga ada uang sebanyak Rp24.350.000 yang diduga hasil penjualan sabu.
Kasat Narkoba Polres Pelabuhan AKP Ilham Fitriady menjelaskan, penangkapan para tersangka bermula dari informasi masyarakat bahwa di lokasi tersebut sering terjadi penyalahgunaan narkoba. Selanjutnya, anggota satnakoba turun melakukan pengecekan.
Didatangilah sebuah rumah kos di Jalan Kandea 3 Lorong 6 Setapak 1. Saat polisi berpakaian preman berada di depan rumah kos tersebut, seorang pria yang belakangan diketahui bernama Andika, terlihat berlari masuk ke dalam rumah kos.
Naluri polisi pun langsung bekerja. Curiga dengan gelagat Andika, petugas mengejarnya. Saat hendak naik ke lantai dua rumah kos, Andika berhasil ditangkap.
Selain Andika, ikut pula Heri yang berlari masuk ke dalam rumah. Ia berhasil dikejar dan diamankan setelah sempat melompat ke rumah sebelah.
Ketika polisi berada di lantai dua rumah kos tersebut, didapati beberapa orang lainnya. Selanjutnya dilakukan penggeledahan di dalam kamar tempat mereka mengonsumsi sabu.
Kapolres Pelabuhan AKBP Aris Bachtiar mengapresiasi kinerja anggotanya yang berhasil mengungkap pelaku penyalahgunaan narkoba di Jalan Kandea. ”Meski mendapat hambatan, penggerebekan membuahkan hasil,” ujarnya, kemarin.
Saat dilakukan interogasi terhadap tersangka, menurut Kapolres, terdengar suara ledakan. Setelah dicek, ternyata bom molotov yang sengaja diledakkan.
Tak lama berselang, beberapa warga mematikan listrik. Situasi yang gelap ini dimanfaatkan dengan menyalakan petasan, serta memberondong petugas menggunakan batu. Meski begitu, petugas tetap menahan diri.
”Personel di lapangan kemudian melakukan koordinasi. Saya bersama anggota lain datang ke lokasi untuk mengevakuasi pelaku yang diamankan. Penyisiran juga dilakukan. Setelah situasi kondusif, anggota meninggalkan lokasi dan membawa para tersangka ke mapolres,” terang Kapolres. (jul-ish/rus)


Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top