Metro

Dewan Sayangkan Bangunan Melanggar Tapi Miliki Izin

MAKASSAR, BKM– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar mengakui banyak mendapatkan aduan warga terkait banggunan melanggar, tanpa adanya penindakan dari kecamatan dan Dinas Tata Bangunan (DTB) Pemkot Makassar.
” Kita ini hanya bertindak sebagai pengawas. Kita banyak menemukan dan mendengar aduan warga terkait banggunan yang melanggar tapi faktanya mereka punya izinnya,” ungkap anggota Komisi C DPRD Makassar, Irwan ST di gedung DPRD Makassar, Jumat (12/1).
Terlebih lagi, kata dia, tidak ada inisiatif kecamatan untuk menindaki bangunan melanggar di wilayahnya.
” Contohnya kemarin di Bulusaraung warga protes karena merasa ada bangunan tidak memiliki izin. Padahal saat di lapangan mereka punya IMB,” jelasnya.
Lanjut Legislator Fraksi Golkar ini menuturkan, ada juga bangunan yang tidak memiliki lahan parkir. ” Memang banyak bangunan di Makassar melanggar, tapi kalau ditindaki salah karena izinnya ada,” jelasnya.
Ia menambahkan, seluruh izin yang telah dikeluarkan pemerintah misalnya IMB harus tetap mendapat pengawasan di lapangan, apakah izin yang diterbitkan sesuai dengan peruntukannya dan gambarnya. Pasalnya, banyak izin seperti Izin Mendirikan Bangunan(IMB) yang bermasalah akibat izin yang dikeluarkan tidak sesuai dengan prosedur.
Tidak saja soal IMB, pendirian usaha seperti usaha minimarket, ruko dan sejenisnya banyak yang melanggar dan bertentangan dengan Peraturan Daerah (Perda) seperti soal zonasi letak usaha.(ita)


Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top