Kriminal

2.600 Botol Miras Dilindas Alat Berat

BKM/CHAIRIL DIMUSNAHKAN-Sebanyak 2.600 botol miras dimusnahkan di halaman kantor Cabjari Pelabuhan Makassar, Jumat (12/1).

MAKASSAR, BKM — Kejaksaan Negeri Cabang (Cabjari) Pelabuhan bersama Kepolisian Resort (Polres) Pelabuhan memusnahkan 2.600 botol minuman keras (miras) berbagai merek. Pemusnahan barang bukti tersebut berlangsung di halaman kantor Cabjari Pelabuhan Makassar, Jumat (12/1).
Ribuan botol miras tersebut dihancurkan dengan cara melindasnya menggunakan alat berat. Barang hasil sitaan tersebut dimusnahkan setelah berkekuatan hukum tetap.
Kepala Cabjari Pelabuhan Makassar, Andi Irfan merinci miras tersebut. Masing-masing bir Anker 122 dos, bir Bintang 52 dos dan 12 botol, Draft Beer 27 dos, Prost Beer 6 dos, Heineken 4 dos dan 9 botol. Stout beer 4 dos, Guinnes 2 dos dan 8 botol, Brandy Top 2 dos dan 21 botol, Toppe Reoja 24 botol dan Brandy Star 1 dos.
Selain miras, kata Andi Irfan, ada juga uang denda sebesar Rp10 juta dan telah dieksekusi oleh pihaknya selaku Jaksa Penuntut Umum (JPU). Berdasarkan surat perintah nomor Print-/R.4.10.7/Es/01/2018. ”Dengan dimusnahkannya ribuan miras ini, artinya kita telah melaksanakan perintah putusan pengadilan selaku eksekutor,” ujar Andi Irfan.
Kapolres Pelabuhan AKBP Aris Bachtiar di sela-sela pemusanahan barang bukti, mengatakan 2.600 botol miras tersebut disita dari Operasi Cipta Kondisi pada bulan November 2016 di Jalan Yos Sudarso.
Saat itu, polisi yang melakukan patroli wilayah, mendapat seseorang membawa kantong plastik berisikan belasan botol miras. Kemudian dilakukan pengembangan. Sebuah ruko yang menjual miras digerebek. Saat diminta untuk menunjukkan surat izin menjual miras, pemiliknya tak bisa memperlihatkannya.
Akhirnya polisi menyita 2.600 botol miras yang ada di dalam ruko. Sang pemilik lalu digiring ke Satreskrim Polres Pelabuhan untuk menjalani pemeriksaan. Setelah berkasnya lengkap, kemudian dilimpahkan ke Kacabjari Pelabuhan Makassar untuk proses hukum selanjutnya. (mat-jul/rus)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top