Sulselbar

Proyek Revitalisasi Terkendala Air Pasang

SIDRAP, BKM — Proyek pengerukan Danau Tempe di wilayah perairan Wette’e, Kelurahan Wettte’e, Kecamatan Panca Lautang, Sidrap, bergerak lamban karena terkendala air pasang. Proyek tersebut menelan anggaran dari APBN TA 2016-2019 sebesar Rp281.618.451.03.
Ketinggian air di Danau Tempe, perairan Wette’e, Sidrap saat ini, mencapai sekitar 5,74 meter kubik. Tingginya permukaan air Danau menghambat proses pemasangan batu pembatas pulau.
Kontraktor PP-BRP (KSO), Santo, Kamis (11/1) tak membantah hal itu. Dia mengaku akan tetap mengoptimalkan pemasangan batu pembatas pulau dengan menggunakan alat berat.
Santo menglaim, ketinggian batu pembatas pulau yang sudah terpasang mencapai satu meter. Rencananya, ketinggian batu pembatas pulau nanti hingga 2,5 meter dari permukaan air.
Pengerjaan proyek revitalisasi Danau Tempe di Wette’e, Sidrap terfokus pada pembuatan pulau 2.
Sesuai rencana awal, pihaknya akan membangun tiga pulau di danau Tempe di Wette’e, Sidrap.
“Nantinya akan ada tiga pulau dibangun, khusus untuk pulau 2 merupakan pulau induk yang luasnya mencapai 240 ribu meter persegi,” beber Santo.
Ketiga pulau itu, utamanya pulau 2, sebut Santo lagi, diharapkan dapat menjadi penghalau tumbuhan gulma eceng gondok yang selama ini selalu dicemaskan warga, utamanya kaum nelayan.
Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Patiwisata (Porapar) Sidrap, Anis Dachlan Kamis, (11/1) berharap, proyek itu dapat berjalan mulus dan tepat sesuai target yang telah direncanakan.
Sesuai konsep awal, proyek revitalisasi danau diharapkan menjadi solusi atas terjadinya banjir selama ini. Disamping itu, tiga pulau yang akan dibangun dapat menghalau eceng gondok.
(ady/C)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top