NURDIN HALID-AZIZ QAHHAR MUDZAKKAR AGUS ARIFIN NU'MANG-TANRIBALI LAMO NURDIN ABDULLAH-ANDI SUDIRMAN SULAIMAN ICHSAN YASIN LIMPO-ANDI MUZAKKAR
Kriminal

Kejati Terima SPDP Kasus Ketapang Kencana

MAKASSAR, BKM — Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel telah menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) kasus dugaan korupsi pengadaan bibit pohon ketapang kencana. Penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulsel yang menyerahkan SPDP kasus dengan empat orang tersangka tersebut.
”SPDPnya sudah diterima. Kita tinggal menunggu penyerahan berkas tahap pertama untuk diteliti jaksa,” kata Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Sulsel Salahuddin, Kamis (11/1).
Empat orang tersangka dalam kasus ini, masing-masing mantan Kepala Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Makassar HA Gani Sirman, Budi Susilo (PNS pemkot), Buyung Haris (honorer pemkot) dan Abubakar Muhajji (pensiunan PNS).
Dengan telah diterimanya SPDP tersebut, kata Salahuddin, Kejati segera menindaklanjutinya dengan menunjuk tim jaksa peniliti guna meneliti berkas kasus tersebut bila telah di tahap satu.
“Kalau sudah ada SPDP-nya, tentu akan ditunjuk jaksa untuk meneliti berkas perkaranya (P-16) guna mengikuti perkembangan kasusnya,” terang Salahuddin.
Dalam kasus ini, ditengarai telah timbul kerugian keuangan negara sebesar Rp1 miliar. Untuk pengadaan pohon ketapang sebagai pohon pelindung, diduga telah terjadi mark up.
Hasil audit sementara, ditemukan kerugian negara sekitar Rp461.168.958,83 untuk pohon ketapang. Namun, bisa saja menibmulkan kerugian keuangan negara hingga mencapai angka Rp1 miliar lebih.
Selain itu, penyidik Ditkrimsus Polda Sulsel telah melakukan pemeriksaan beberapa saksi. Termasuk menggeledah kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkot Makassar. (mat/rus)


Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top