Metro

Dewan Sibuk Urus Partai, Rapat Pertama Dewan Tidak Kuorum

MAKASSAR, BKM– Sejumlah legislator masih terlihat malas mengikuti rapat. Seperti rapat pertama di awal tahun 2018 ini.
Hal ini terlihat saat rapat yang digelar Badan Musyawarah (Bamus) yang hanya dihadiri sembilan anggota dari 25 anggota Bamus, di ruang Badan Anggaran (Banggar), Kamis (11/1), untuk membahas penentuan rapat paripurna istimewa.
Koordinator Bamus DPRD Makassar, Erick Horas, mengatakan, ketidakhadiran anggota dalam rapat pertama di awal tahun 2018 dilatarbelakangi beberapa hal salah satunya masih ada anggota Bamus yang disibukkan kegiatan partai dan terkendala cuaca.
” Persoalan kuorum atau tidak memenuhi jumlah yang mengikuti rapat bukan hal yang baru di dewan. Intinya agenda semua terlaksana dan tidak ada yang ditinggalkan. Walaupun telat beberapa jam. Tidak ada agenda lain yang dirugikan,” ungkapnya usai rapat di gedung DPRD Makassar.
Lanjut legislator Fraksi Gerindra ini menambahkan, mungkin ketidakhadiran legislator karena habis kegiatan partai. Mungkin masih ada hal-hal yang belum selesai dan ingin dibereskan.
” Di awal tahun kita mulai menggodok rapat PAW dari alm Mustafa Alwi yang berasal dari fraksi Gerindra pada hari selasa (16/1). Dilanjutkan dengan paripurna pembentukan empat ranperda prakarsa pemkot dan dewan. Sengaja menjadwalkan ini agar lebih rapi lagi jadwal dewan dibanding sebelumnya,” tambahnya.
Empat Ranperda yang bakal digodok selama sepekan yaitu Ranperda Perlindungan Anak, Ranperda Pendidikan Anak, Revisi Ranperda Perusahaan Umum Daerah Air Minum kota Makassar, dan Ranperda Penambahan Penyertaan Modal Pemkot kepada PT Bank Sulselbar .
Sementara itu, Sekertaris Dewan DPRD Makassar, Adwi Umar mengungkapkan bahwa DPRD Makassar melalui rapat Bamus, telah menetapkan jadwal rapat paripurna istimewa penetapan jadwal pelantikan Pergantian Antar Waktu (PAW) almarhum Mustafa Alwi dari fraksi Partai Gerindra yang akan digantikan oleh Badaruddin Ophier.
” Pekan depan sudah ada pelantikannya saudara Badaruddin Ophier yang akan menggantikan posisi almarhum Mustafa Alwi sebagai Dewan dari Fraksi Gerindra,” ujarnya.
Lanjut Adwi menjelaskan, setelah penetapan jadwal diputuskan pada Bamus nanti, paling lambat dalam waktu sepuluh hari pelantikan dalam rapat Paripurna Istimewa sudah harus dilakukan.
” Semua Proses dan persuratan sudah dilakukan tinggal melantik saja. Terkait penempatan di komisi dan AKD kita serahkan ke fraksinya saja,” tutupnya. (ita)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top