Sulselbar

Bupati Launching Ruang Baca Mandiri

MASAMBA, BKM — Pemkab Luwu Utara melaunching Ruang Baca Mandiri (RBM). Terobosan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Persipda) ini dalam rangka mendekatkan perpustakaan ke masyarakat.
“Apa yang kita lakukan hari ini sejalan dengan paradigma baru pelayanan perpustakaan, yaitu perpustakaan bukan untuk dikunjungi tetapi mengunjungi,” ujar Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat melaunching RBM di Pasar Sentral Masamba.
Indah mengatakan, adanya Ruang Baca Mandiri diharapkan masyarakat mampu menumbuhkembangkan budaya gemar membaca dan meningkatkan literasi masyarakat itu sendiri.
”Pemerintah sangat peduli dengan kebutuhan masyarakat akan pentingnya ilmu dan informasi dalam rangka meningkatkan kualitas diri. Jadikan momentum ini sebagai wahana pengembangan kualitas diri guna mewujudkan masyarakat yang gemar membaca,”jelasnya.
Rendahnya minat baca masyarakat jelas Indah menjadi isu sentral yang kini mengemuka berdasarkan hasil survei secara nasional, adalah salah satu alasan kenapa mendekatkan buku kepada masyarakat itu menjadi penting.
“Kenapa kegiatan ini harus kita lakukan, selain karena ingin meningkatkan kualitas, juga sekaligus menjawab isu sentral perpustakaan bahwa minat baca masyarakat kita masih sangat rendah,” tambahnya.
Kepala Persipda Maharuddin mengatakan, tujuan dilaksanakannya RBM di pasar sentral Masamba adalah memasyarakatkan minat dan kebiasaan membaca guna mendorong terwujudnya masyarakat pembelajar.
Dengan adanya RBM diharapkan mampu meningkatkan kecintaan terhadap karya anak bangsa melalui berbagai bacaan dalam rangka membangun karakter kecerdasan dan inovasi masyarakat.
“Inti dari semua kegiatan yang kita lakukan hari ini adalah bagaimana kita mengimplementasikan paradigma baru, yaitu mengunjungi bukan dikunjungi,” tukasnya. (alp/C)


Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top