Headline

Aneka Kaligrafi Aksara Lontara di ASCenter Galleri

BKM/NUGROHO ASCENTER-Ketua Umum FSKN YM PRA Sultan Arief Natadingrat (kiri) memukul gendang bersama pendiri ASCenter, Prof Aminuddin Salle pada peremian ASCenter Galleri Lontarak Bugis-Makassar, Kamis (11/1).

MAKASSAR, BKM — Ketua Umum Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) yang juga Sultan Sepuh Cirebon, YM PRA Sultan Arief Natadiningrat meresmikan ASCenter Galleri Lontarak Bugis Makassar. Peresmian dilakukan di ASCenter, Jalan Masjid Al-Ikhlas 3 samping Perumahan Dosen Unhas, Tamalanrea, Kamis (11/1).
Dalam sambutannya, Sultan Arief memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas dibukanya galeri ini. Ia mengatakan jika Indonesia sebenarnya memiliki potensi kearifan lokal yang dalam, namun saat ini mulai ditinggalkan. Makanya, atas diresmikannya galeri ini bisa membangkitkan kembali berbagai kearifan lokal yang ada di Indonesia.
“Kita memiliki potensi kearifan lokal yang dalam. Berbagai budaya, seperti aksara yang selama ini ada, tidak boleh dilupakan. Olehnya saya memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya,” ucap Sultan Arief.
ASCenter Galleri Lontarak Bugis Makassar adalah sebuah galeri yang memamerkan berbagai budaya Bugis Makassar. Di dalamnya terdapat berbagai kerajinan serta kaligrafi aksara lontara. Seluruh kaligrafi aksara lontara yang ada di galeri ini pun dipersembahkan oleh pendiri ASCenter, Prof Aminuddin Salle.
Dalam acara ini juga dilakukan pembacaan dan penyerahan tiga hak cipta atas nama Prof Aminuddin Salle kepada Dekan Fakultas Hukum Unhas. Tiga hak cipta mantan Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi itu, antara lain Logo Appaka Sulapa, Kaligrafi Aksara Lontara, dan Ceramah Kepemimpinan Appaka Sulapa.
“Jadi menteri Hukum dan HAM sudah menerbitkan paten mengenai logo, kaligrafi lontara, dan ceramah kepemimpinan. Logo ini logo Appaka Sulapa yang merupakan kepempinan empat penjuru angin, kaligrafi lontara yang kami pamerkan di galeri, dan ceramah kepemimpinan appaka sulapa,” kata Prof Aminuddin yang juga merupakan Guru Besar Unhas ini. (nug/rus/c)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top