Sulselbar

SMKN 2 Sinkronisasi Kurikulum

PINRANG, BKM — SMKN 2 Pinrang melaksanakan sinkronisasi kurikulum dengan Dunia Usaha dan Industri (DUDI) untuk menyiapkan lulusan yang siap bersaing dalam dunia kerja.
Hal itu diperlukan seiring dengan pertumbuhan industri, kebutuhan sumber daya manusia (SDM) semakin berkembang. Kondisi tersebut menuntut SMK untuk terus mengupgrade kompetensi lulusan yang dibutuhkan oleh DUDI. Kegiatan ini diawali dengan melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dengan DUDI.
Kegiatan ini merupakan program SMKN 2 Pinrang sebagai SMK Revitalisasi bidang pertanian yang ditunjuk pemerintah sebagai pilot projet di Indonesia melalui Inpres Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK.
Guna mematangkan pelaksanaan kurikulum berbasis industri di SMKN 2 Pinrang, maka semua guru produktif kompetensi keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) dimagangkan di DUDI Mitra, pelaksanaannya di Pinrang, Polman, dan Makassar.
“Jadi, guru memiliki kompetensi sesuai keinginan DUDI,” ujar Kepala SMKN 2 Pinrang, Syafruddin Ahmad, Rabu (10/1).
Rencana pelaksanaan kurikulum pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 akan menggunakan sistem Blok pada kompetensi keahlian APHP.
Pembelajaran akan berlangsung bergantian antara teori dan praktek. Minggu pertama pembelajaran teori (normatif/adaptif), kemudian minggu kedua pembelajaran praktek (produktif), begitu seterusnya.
“Pembelajaran sistem blok, untuk pengaplikasian pembelajaran praktek 70 persen dan teori 30 persen, sehingga lulusan SMKN 2 Pinrang kompeten”, jelasnya. (ady/C)


Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top