Politik

Dua Paslon Parpol Versus Dua Perseorangan

BKM/PURMADY MENERIMA--Bakal calon bupati Dolla Mando bersama pengurus PDIP dan PKPI usai menerima rekomendasi dukungan sebelum deklarasi dan mendaftar di KPU (kiri). Sementara Tim Pemenangan Fatma-Madjid menyebar alat sosialisasi disemua poros jalan (kanan).

SIDRAP, BKM–Persaingan di Pemilihan Bupati (Pilbup) Sidrap akan semakin ketat. Pasanya diikuti dua pasangan yang maju lewat jalur partai politik dan dua pasangan maju lewat jalur perseorangan. Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati H Dollah Mando-Mahmud Yusuf (DoaMu) dan pasangan Hj Fatmawati Rusdi-Abd Madjid yang telah mendaftar dihari pertama, Senin (8/1).
Pasangan Doamu juga telah mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidrap, Rabu (10/1)
Dollah Mando yang juga Wakil Bupati Sidrap ini resmi mendaftar dengan mengantongi Surat Keputusan (SK) dari empat partai politik dalam bentuk form B1 KWK.
Ke empat parpol peraih kursi dan non parlemen ini masing-masing Demokrat yang mengontrol 4 kursi, Gerindra 3 kursi dan PKPI 1 kursi. Sementara 1 partai politik non parlemen turut menyerahkan surat rekomendasi ke DoaMu yakni PDIP. Partai besutan Megawati Soekarnoputri ini hanya meraih 5.640 suara pada Pemilu 2014 lalu.
Sebelum mendaftar, pasangan Dollah-Mahmud menggelar deklarasi di pelataran Panker Ganggawa yang dihadiri ribuah massa dan pendukunya .
Namun sebelummya, dua parpol yakni PKPI dan PDIP menyerahkan surat dukungan di Kedai Ruby, hotel Grand Sidny.
Proses penyerahan rekomendasi ini dihadiri salah satu pengurus pusat DPP PKPI dan Gerindra serta ketua DPC PDIP H. Amrin, serta pendukung lainnya.
Jika diakumulasikan jumlah perolehan kursi DPRD pasangan Dollah Mando-Mahmud Yusuf dipastikan akan mulus melenggang ketahapan penetapan calon.
Syarat dukungan kursi legislatif untuk 1 pasangan calon yakni 7 kursi, sementara DoaMu mengantongi dukungan 8 kursi.
Dua pasangan peseorangan masing-masing Soalihin-H Nasyanto (Solusi) dan pasangan A Ihsan Hamid-Rezki Jabir (IKRar) dilaporkan akan mendaftar pada malam hari.
Sementara itu, tim pemenangan pasangan Fatmawati Rusdi-Abd Madjid (Fatma) mulai memasang baliho yang telah telah menghiasi sejumlah jalan protokol.
Meski terlihat ramai, namun baliho bergambar pasangan bertagline Fatma itu, masih pada batas yang wajar alias tidak mengganggu estetika. Berbega dengan baliho cabup lain ataupun gambar sejumlah bakal calon Gubernur yang terpajang di pohon-pohon sehingga menggangga estetika kota.
Tim Fatma memilih cara dengan menggunakan tiang penyangga sendiri dan hanya terpajang di beberapa lokasi strategis. Di Pangkajene, baliho bergambar pasangan Fatma terlihat sudah mulai ramai. Tim Fatma Kecamatan Maritengngae, gencar melakukan pemasangan alat peraga berupa banner, spanduk dan baliho di sejumlah titik. “Kita mau agar masyarakat lebih mengenal pemimpinnya jelang Pilkada. Lagipula, Baliho kita pasang, karena memang banyak permintaan masyarakat. rata-rata, mereka meminta kami untuk memasang Baliho di sekitar rumah mereka,” ujar Muddin, salah seorang relawan Fatma di Pangkajene, Rabu (10/1) kemarin.(ady/rif/c)


Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top