RAMZAH THABRAMAN
Headline

IYL Temui Ibu, Gerindra Tetap Antar Agus ke KPU

MAKASSAR, BKM — Bakal calon gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo (IYL) akan mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel hari ini, Rabu (10/1). Prosesinya dimulai dari kediaman orang tuanya di Jalan Haji Bau Makassar.
Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Pemenangan Rumah Kita, H Bahar Ngitung. Menurut Obama, panggilan akrab Bahar Ngitung, IYL akan memohon doa restu kepada ibunya untuk mendaftar. Setelah itu, menuju Masjid HM Asyik di Jalan AP Petta Rani untuk melakukan salat dhuha bersama wakilnya, Andi Mudzakkar.
Pasangan ini kemudian akan berjalan kaki bersama tim pemenangan menuju KPU Sulsel untuk mendaftarkan diri secara resmi menjadi calon gubernur sulsel. Diperkirakan, akan ada puluhan ribu orang dari kader partai pendukung dan konstituennya, relawan, dan masyarakat yang mengantar langsung.
Beberapa bagian tim pemenangan, seperti Laskar Pemuda Punggawa dan Relawan Punggawa Intelektual Lintas Daerah (Pilar) juga akan turut meramaikan pencalolan IYL-Cakka. “Diperkirakan massa, relawan, simpatisan, maupun berbagai elemen masyarakat akan memadati jalan sekitar KPU. Apalagi Rumah Kita lokasinya berdekatan dengam KPU,” kata Bahar.
Ia menambahkan, persiapan pendaftaran pasangan dengan tagline Punggawa Macakka ini sudah mencapai final. Baik teknis rangkaian pendaftaran, maupun jumlah massa. “Iye rapimi. Dari Tim Senior, Partai Demokrat, PPP, Perindo dan Partai Berkarya. Tim Rumah Kita se-Sulsel dan 69 komunitas relawan siap mengantar,” ujarnya.
Anggota DPD RI ini menjelaskan, untuk mengurangi dampak kemacetan yang mungkin terjadi, jumlah tim dan relawan yang hadir dibatasi. Hal ini sebagai wujud kepedulian kepada para pengguna jalan. “Kita batasi jumlahnya tim dan relawan maksimal 30 ribu saja,” terangnya.
Selain massa dari Kabupaten Gowa dan Makassar, ribuan pendukung dan rakyat Luwu memastikan akan turut berpartisipasi mengantar IYL-Cakka. Ini sebagai bentuk terima kasih kepada Cakka yang dua periode memimpin Luwu.
Tim Rumah Kita IYL-Cakka Kabupaten Luwu, Dito mengatakan, sejauh ini antusias warga sulit dibendung. Tercatat ada ada ratusan kendaraan yang berangkat ke Makassar guna mengantar.
“Relawan, simpatisan, dan berbagai komunitas yang jumlahnya ribuan orang akan mengendarai mini bus, maupun kendaraan pribadi untuk ikut ambil bagian mengantar Pak Andi Cakka ke Makassar. Selain itu banyak pula yang menggunakan bus besar,” kata Dito, Selasa (9/1).
Ketua DPC PPP Kabupaten Luwu, Rusli Sunali mengatakan, PPP Luwu sangat tidak ingin ketinggalan momentum seperti untuk mengantar paslon jagoannya itu. “PPP Luwu telah menyiapkan puluhan kendaraan roda empat, dan sudah menginstruksikan kepada seluruh kader yang ada di Luwu untuk ikut serta mengantar Pak Andi Mudzakkar ke Makassar,” ucapnya.
Jika tak ada aral melintang, semua unsur pengurus teras DPC PPP Luwu dan perwakilan PAC akan turut serta mengawal IYL-Cakka mendaftar ke KPU. “Kami sudah instruksikan kepada anggota DPRD PPP di Kabupaten Luwu, khususnya untuk menyiapkan kendaraan. Juga kepada seluruh kader PPP yang ada di Luwu tanpa terkecuali, kami minta untuk turut serta mengantar Andi Mudzakkar ke Makassar, khususnya ke KPU. Bahkan saya sendiri pun ikut ke Makassar,” tandasnya.

Elit PPP Berkumpul

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kompak berkumpul di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Jakarta hingga malam tadi. Kondisi ini mengingat pendaftaran calon gubernur, wali kota dan bupati di Komisi Pemilihan Umum (KPU) tinggal sehari.
“Kami di DPP PPP masih menggelar pertemuan di lantai III, sementara banyak tokoh nasional yang berkumpul di lantai I,” ujar Wakil Ketua Umum DPP PPP HM Amir Uskara, malam tadi.
Menurut juga anggota DPR RI ini, di lantai III dirinya bersama Ketua Umum Romahurmudyiy alias Romy, Sekjen Arsul Sani, dan tokoh PPP PPP Suharso Monoarfa. “Saya ini bersama Ketua Umum Pak Romy, Sekjen dan Pak Soharso Monoarfah,” tambahnya.
Amir mengaku belum ingin tinggalkan gedung DPP PPP, lantaran masih ada sejumlah tokoh yang ingin naik ke lantai III untuk menemui ketua umum dan sekjen. “Saya di sini terus,” katanya.
Pada siang hari kemarin, hasil rapat pleno terbatas di DPP PPP yang dipimpin Ketua Umum DPP PPP Romahurmudziy dan Sekjen Arsul Sani, membahas konstalasi dukungan partai pada sejumlah pilgub di Indonesia. Salah satu poin yang dibicarakan, yakni dukungan PPP di pilgub Sulsel tetap berada di pasangan IYL-Cakka. “Iya ,tidak ada perubahan dukungan. PPP tetap mendukung pasangan IYL-Cakka,” ujar Amir Uskara.
Menurut mantan ketua DPW PPP Sulsel ini, memang ada upaya untuk mengalihkan dukungan PPP ke pasangan calon lain. Namun upaya tersebut tidak berhasil.
Keputusan PPP yang tetap berada di pasangan IYL-cakka membuat peluang pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo (Agus-TBL) untuk mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel sebagai salah satu kontestan di Pemilihan Gubernur (Pilgub), hampir pasti gagal.
Hingga berita ini dibuat, belum ada kepastian tambahan dukungan partai politik yang akan menjadi koalisi dari Partai Gerindra yang mengontrol 11 kursi di parlemen dan Partai Bulan Bintang yang punya 1 kursi di dewan.
Agus Arifin Nu’mang yang dimintai tanggapannya melalui pesan singkat soal peluang untuk mendapatkan tambahan partai, hanya menjawab pendek. “Saya kabariki kalau sudah semua,” tulis Agus melalui pesan Whatsapp, semalam.
Terpisah, Wakil Ketua DPD Gerindra Sulsel Syawaluddin Arif mengemukakan, partai bentukan Prabowo ini tetap akan mendampingi Agus-TBL untuk mendaftar di KPU Sulsel. “Gerindra tetap akan mengantar Pak Agus-TBL di KPU Sulsel,” ujar Syawaluddin.

Dua Pasangan Mendaftar

Tidak ada persiapan khusus yang dilakukan oleh KPU Sulsel dalam melakukan proses pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur hari ini. Sama seperti hari pertama pendaftaran, KPU Sulsel hanya melakukan persiapan fisik dan berkoordinasi dengan kedua pasangan bakal calon yang mendaftar hari ini.
Kabag Humas KPU Sulsel, Asrar Marlang mengatakan, pihaknya telah melakukan persiapan fisik sama seperti hari pertama lalu. Mulai dari penataan ruangan hingga setting lokasi pelaksanaan pendaftaran.
Terlihat sejumlah tenda maupun kursi yang telah terpasang di halaman kantor KPU sejak hari pertama pendaftaran. “Tidak ada persiapan khusus, samaji yang kemarin,” kata Asrar.
Selain persiapan fisik, Asrar menambahkan jika pihak KPU telah berkoordinasi dengan penghubung kedua pasangan calon yang hendak mendaftar hari ini.
Hari ini, dua pasangan dijadwalkan mendaftar. Masing-masing IYL-Cakka dan AAN-TBL. IYL-Cakka akan mendaftar pukul 09.00 Wita, sedangkan AAN-TBL pada pukul 11.00 Wita.
“Tentang kesiapan calon untuk mendaftar, itu calon sendiri yang tahu. Kami hanya menerima surat mereka bahwa akan datang pukul sekian, jadi kami siapkan,” tambah Asrar. (nug/rus/b)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top