Gojentakmapan

Hatta Minta Pelayanan di Pemerintahan Harus Gemas

MAROS,BKM– Bupati Maros HM Hatta Rahman melaunching Gerakan Melayani dengan Senyum (Gemas). Launching ini digelar di Lapangan Pallantikang kabupaten Maros Senin (8/1/2018) dengan pemberian pin bergambar senyum kepada Wakil Bupati maros HA Harmil Mattotorang dan Sekretaris Daerah Maros Baharuddin.
Hatta mengatakan, program ini merupakan program awal tahun 2018. Program gerakan melayani dengan senyum ini berarti semua jenis pelayanan disemua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sampai ke tingkat kelurahan dan desa harus disertai senyum.
Program ini, kata Hatta, merupakan salah satu program inovasi untuk mendorong terwujudnya penyelenggaraan pelayanan publik yang baik. ”Salah satu model pelayanan yang baik adalah dengan menerapkan melayani dengan senyum. Ini adalah program yang murah dan mudah tetapi memberi dampak psikologis terhadap kedekatan hubungan antara yang melayani dengan dilayani. Karena senyum adalah ungkapan bahasa tubuh yang langsung menyentuh hati. Sehingga pelayanan tidak akan kehilangan kualitasnya bila dilengkapi senyum tulus,” papar Hatta.
Hatta membeberkan, senyum merupakan ikon pelayanan yang berkualitas. Karena secara psikologis, senyum adalah tindakan tubuh yang menyehatkan diri sendiri. Selain itu, senyum kepada orang lain adalah ibadah yang kecil, murah, mudah dan dapat dilakukan siapa saja dan kepada siapa saja.
”Senyum juga budaya tata krama, sopan santun. Sebaik apapun sistem layanan publik, teknologi maupun etos kerja, jika tidak dibarengi senyum tulus ikhlas, maka akan kehilangan baiknya,” jelas Hatta.
Khusus bagian pelayanan lanjut Hatta, senyum merupakan hal wajib yang dilakukan untuk menambah kualitas pelayanan. ”Seringkali kita mendengar ada keluhan khususnya dibagian pelayanan. Misal di rumah sakit, kependudukan, pengurusan izin di Simtap yang bagian pelayanan marah-marah, menghadapi masyarakat dengan muka ketus, dari program ini itu perlahan akan kita hilangkan,” bebernya.
Ke depan, program ini akan disiapkan Standar Operasional Pelayanan (SOP), pengawas hingga kotak pengaduan. Hatta menjamin sanksi mutasi bagi pelayanan yang masih marah-marah terhadap masyarakat dalam memberikan pelayanan. (ari/mir/c)


Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top