Bisnis

Sekali Live Jualan di Medsos, Raup Keuntungan Rp1 Juta

BKM/ISHAK MAPPELAWA Reni Syahrini Ridwan

MAKASSAR, BKM — Menggeluti usaha jualan barang secara online tidak sekadar menawarkan barang kepada calon konsumen di media sosial (Medsos). Namun dibutuhkan bagaimana usaha bisnis tersebut mampu bertahan lama?.
?Reni Syahrini Ridwan (22) adalah salah seorang pelaku usaha secara online di Medsos. Sudah enam bulan Reni menggeluti bisnis online. Keuletannya dalam menjalankan usahanya telah membuahkan hasil. Dalam sehari, Reni bisa meraup keuntungan sebesar Rp1 juta.
Kepada Beritakota Makassar (BKM), warga AR Dg Ngunjung I ini mengakui, jualan barang secara online tidak begitu saja langsung dilakukan. Tapi ia mengamati lebih dulu kelebihan dan kelemahan bisnis tersebut. Pada awal menawarkan barang jualannya, Reni lebih dulu dibantu sebuah grup medsos.
”Sebelum menggeluti usaha jualan di media sosial secara online, saya amati dulu dimana keuntungan maupun ruginya barang yang akan saya jual. Bagaimana para pelaku bisnis yang lebih dulu dari saya itu mampu meyakinkan konsumen secara nyata dan bagaimana berkelanjutannya. Setelah saya mengevaluasi semua itu, karena ada modal kemudian saya menjual barang yang tidak ramai dijual para pelaku bisnis. Setelah saya memelajari kekurangan yang ada pada pebisnis lainnya, saya kemudian menawarkan jualan saya berupa mic bluetooth,” beber Reni, Senin (8/1).
Barang jualannya itu ternyata mendapat sambutan cukup besar dari pasar (konsumen).”Harga mic bluetooth yang saya jual bervariasi. Tergantung mereknya. Besarnya permintaan pasar membuat saya kewalahan. Karena persediaan saya tidak terlalu banyak tapi permintaan banyak,” ujarnya.
Menurut ibu dua anak ini, untuk kelanjutan bisnisnya agar terus mendapat kepercayaan konsumen, ia tidak mengambil untung terlalu besar. Untuk saat ini, mic bluetooth itu dijual Reni dikisaran Rp250 ribu sampai Rp500 ribu.
”Saya melakukan penjualan secara live di media sosial. Yakni dengan cara menyanyi sambil mengetes barang yang saya jual. Konsumen pengguna medsos yang melihat aksi saya langsung memberi respon dan menanyakan tentang mic yang saya gunakan menyanyi. Apalagi, grup medsos yang saya tempati menjual memiliki anggota hingga ribuan orang,” aku Reni.
Keberhasilannya menjual mic membuat Reni mencoba menjual barang lainnya. Di antaranya sepatu, sendal, dan kosmetik. (ish/mir/b)


Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top