Bisnis

Antar Puluhan Barang, Kantongi Penghasilan Rp300 Ribu

BKM/ISHAK MAPPELAWA Gilangkalolo

?MAKASSAR, BKM — Memiliki kendaraan dan kepercayaan pelaku usaha penjualan barang secara online, menjadi modal bagi para pengantar barang. Karena saat mengantarkan barang, mereka mendapatkan ongkos pengiriman (ongkir), baik dibayar oleh pelaku usahanya atau konsumennya.
Gilangkalolo (26), warga Kelurahan Rappojawa adalah ?salah seorang tenaga pengantaran barang secara online. Dalam menjalankan pekerjaannya mengantarkan barang, Gilang mengaku tidak terlalu terbebani.
Pasalnya, ia sudah menganggap pekerjaannya itu sama halnya berjalan-jalan dan mendapatkan pertemanan. ”Ya, kerja santai hanya mengantar barang ke pemesan dari barang yang dibeli secara online. Alhamdulillah saya bisa mendapat upah sedikitnya Rp300 ribu per hari. Bahkan lebih. Dan upah itu bisa saya capai jika saya mengantar barang pemesan sampai puluhan. Lokasinya pun diseputaran Makassar, Gowa, Maros, dan Takalar (Mamminasata),” ujar Gilang kepada Beritakota Makassar, Senin kemarin (8/1).
Pria bertubuh tinggi ini menilai pekerjaan yang digelutinya tak berbeda dengan tukang ojek. Dirinya hanya bermodal kendaraan yang dapat dipercaya pelaku usaha dan konsumen.
”Saya selaku pengantar yang umumnya disebut kurir bermodalkan motor mendapat kepercayaan dari pekerjaan ini. Apalagi kerjanya santai, saya bisa mendapat upah cukup lumayan. Meski juga ada dukanya, seperti pemesan memberi alamat palsu. Bahkan hanya mengerjain pemilik barang. Tapi karena sudah sering terjadi, saya sudah anggap biasa,” beber Gilang
Adapun upah yang didapat, kata Gilang, biasanya dari pihak pemilik barang dan biasa pula dari pemesan. ”Kalau upah yang saya peroleh sampai Rp300 ribu per hari itu biasanya dari pemilik barang dan dari konsumen. Tergantung dari pembicaraan antara pemilik barang dan konsumen. Tapi biasa dapat juga dari keduanya?, baik pemilik barang maupun pemesan. Sekali mengantar, saya biasanya diberi upah Rp20 ribu. Dalam sehari, saya biasa mengantar sampai puluhan barang berbagai jenis,” akunya. (ish/mir/b)


Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top