Headline

Empat Pasangan Bacagub-Cawagub Mendaftar

MAKASSAR, BKM — Tahapan pemilihan gubernur (pilgub) Sulsel memasuki fase baru. Terhitung mulai hari ini, Senin (8/1) hingga Rabu (10/1) para bakal calon gubernur (bacagub) dan wakilnya akan mendaftarkan diri di Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.
Lalu siapakah pasangan yang bakal mendaftar dengan jumlah dukungan parpol yang mencukupi? Pertanyaan ini begitu santer terdengar. Sebab, hingga sekarang baru satu pasangan balon yang benar-benar mengantongi dukungan parpol dengan angka kursi mencukupi di DPRD Sulsel.
HAM Nurdin Halid-Abd Aziz Qahhar Mudzakkar yang diusung Partai Golkar dengan 18 kursi, didukung oleh Nasdem 7 kursi, Hanura 6 kursi, PKB 3 kursi dan PKPI 1 kursi.
Sementara Ichsan Yasin Limpo dan Andi Mudzakkar maju sebagai bakal calon independen. Meski begitu, ia mendapat dukungan dari Partai Demokrat yang memiliki 11 kursi dan PPP dengan 7 kursi. IYL-Cakka telah melewat proses verifikasi faktual dukungan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) oleh KPU.
Bagaimana dengan Prof Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman? Pasangan ini mendapat dukungan dari PDIP selaku pemilik 5 kursi dan PKS 6 kursi. Satu partai lain yang diklaim mendukung Prof Andalan, yakni PAN dengan 9 kursi masih tanda tanya.
Pasangan terakhir yang muncul adalah Agus Arifin Nu’mang-Ahmad Tanribali Lamo (Agus-TBL). Keduanya telah mendapatkan dukungan Partai Gerindra yang memiliki 11 kursi di DPRD Sulsel. Termasuk PBB dengan 1 kursi.
Belakangan, mencuat kemungkinan PAN sebagai pemilik 9 kursi akan bergabung mendukung pasangan Agus-TBL. Namun, belum ada satupun yang bisa memastikan ke mana pelabuhan PAN yang terakhir.
Peluang Agus-TBL untuk mengikuti kontestasi pilgub Sulsel 27 Juni nanti tinggal sehari. Manakala dalam sehari nanti keduanya tidak mampu menambah kursi koalisinya agar dapat mencukupkan 17 kursinya, maka harapannya untuk ikut bertarung pupus sudah.
Pasangan ini masih terus berupaya melobi sejumlah partai politik hingga batas akhir pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel 10 Januari.
Partai yang dikabarkan ikut dilobi wakil gubernur Sulsel dua periode ini yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura dan Partai Demokrat. Agus-TBL masih membutuhkan tambahan 5 kursi lagi untuk dapat berkompetisi di pilgub mendatang.
Lobi yang dilakukan Agus-TBL telah mendapat respon posistif serta tanggapan dari para elit partai, seperti Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno yang menegaskan bila pihaknya memang sudah berkomunikasi dengan Agus. Namun sikap PAN masih tetap berada di pasangan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman.
“PAN masih mendukung pasangan Prof Andalan,” ujar Eddy Soeparno.
Hal sama dikemukakan Wakil Ketua Umum DPP PPP HM Amir Uskara. Dia mengakui bila komunikasi masih terus lancar. Hanya saja, anggota DPR RI ini menegaskan bila dukungan PPP sulit bergeser dari pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka). “Memang ada yang terus mendekati untuk membangun koalisi. Namun PPP masih tetap berada di barisan IYL-Cakka,” ujar mantan ketua DPW PPP Sulsel ini, Minggu (7/1).
Sekjen DPP Partai Hanura Syarifuddin Sudding juga menegaskan bila partai yang didirikan Wiranto, ini tetap konsisten mengusung pasangan Nurdin Halid-Abd Aziz Qahhar Mudzakar. “Hanura tidak akan menarik dukungan dari pasangan NH-Aziz,” ujar Sudding yang juga anggota DPR RI ini.
Adapun Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel Ni’matullah Erbe yang dimintai tanggapannya soal peluang Demokrat berlabuh ke pasangan Agus-TBL, hanya berujar pendek. “Kalau Pak SBY sudah mengambil keputusan, maka tidak mungkin ditarik kembali,” tandas wakil ketua DPRD Sulsel ini.
Politisi yang akrab disapa Ulla ini bahkan sedang ngopi bareng dengan IYL di salah satu mall yang ada di Makassar ketika dihubungi, kemarin.

Konfirmasi KPU

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel mendapat konfirmasi dari tim pasangan Agus-TBL akan mendaftar pada Rabu (10/1) pukul 11.00 Wita.
Humas KPU Sulsel Asrar Marlang membenarkan bila sudah ada konfirmasi kesiapan Agus-TBL untuk mendaftar pada hari Rabu siang. “Iya kami telah menerima penyampaikan dari tim Agus-TBL bila Pak Agus Arifin Nu’mang dan Taribali Lamo akan datang mendaftar pada hari Rabu tanggal 10 Januari pukul 11 siang,” ujar Asrar Marlang, Minggu (7/1).
Sementara itu, hari ini, Senin (8/1), yang mendaftar lebih awal adalah pasangan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman. Prof Andalan akan mendaftar pada pukul 08.00 Wita. Selanjutnya pada pukul 10.00 Wita pasangan Nurdin Halid dan Abd Aziz Qahhar Mudzakkar yang melakukan hal serupa. Adapun pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar akan mendaftar di KPU pada hari Rabu (10/1) pukul 10.00 Wita.
Soal sejauh mana persiapan pendaftaran di KPU, Asrar mengemukakan, berbagai persiapanpun dilaksanakan guna menyukseskan pesta demokrasi di Sulsel tahun ini.
Asrar menegaskan, pihaknya telah melakukan persiapan fisik. Mulai dari penataan ruangan sampai setting lokasi pelaksanaan pendaftaran.
Terlihat berbagai tenda maupun kursi telah terpasang di halaman kantor KPU. Begitupun dengan berbagai fasilitas lain, seperti mimbar dan berbagai meja.
Selain di halaman kantor KPU, persiapan ruangan untuk di dalam kantor KPU juga terlihat telah siap. Deretan kursi, meja, bahkan LCD proyektor telah disediakan guna pelaksanaan pendaftaran oleh bakal calon.
Asrar menambahkan, pihak KPU telah berkoordinasi dengan penghubung pasangan calon dan pihak keamanan. “Sekarang ini kita hanya melakukan persiapan-persiapan final untuk pelaksanaan kegiatan besok. Sampai sejauh ini Alhamdulillah tidak ada kendala yang besar terkait rencana pelaksanaan karena semuanya telah dikoordinasikan dengan baik,” pungkas Asrar, kemarin. (arf-rif/rus)


Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top